SOLOPOS.COM - Jokowi di Sampul Majalah Time (time.com)

Solopos.com, JAKARTA — Hari kedua menjabat Presiden RI, Jokowi masih mendapat puja puji dari sejumlah kalangan. Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Sidarto Danusubroto, menyatakan Jokowi dikagumi para delegasi pemerintah negara-negara ASEAN, bahkan dianggap sebagai orang unik.

Sidarto Danusubroto mengatakan dirinya orang yang termasuk ngotot mendukung Jokowi dari awal. Menurutnya, Jokowi sosok yang unstoppable dan sulit dilawan.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Sidarto menyatakan sempat kedatangan delegasi dari negara Asean yang menilai Jokowi orang yang unik. Para delegasi mengatakan latar belakang Jokowi tidak memungkinkan menjadi presiden di negara para delegasi tersebut.

“Para delegasi bilang karena presiden di negaranya kebanyakan berasal dari dinasti keluarga petinggi negara. Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand seperti itu,” ujarnya dalam diskusi di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, Selasa (21/10/2014).

Menurut Sidarto, pemilihan Jokowi menjadi presiden mirip Barack Obama sebagai orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden Amerika Serikat. Sidarto menganggap Jokowi juga melakukan desakralisasi terhadap simbol simbol kekuasaan seperti kediaman gubernur dan istana negara agar dekat dengan rakyat.

“Dia juga mau menggunakan produk buatan rakyat kecil, seperti sepatu seharga Rp300.000. Kalau semua pejabat mau mengikuti hal itu, akan bagus bagi roda ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Di sisi lain, Sidarto menilai Jokowi sebenarnya bukan orator yang baik seperti Soekarno karena kadang putus dalam melakukan orasi. Namun, menurutnya rakyat suka dengan pidato Jokowi karena dianggap mampu menyentuh semua golongan. “Selain itu, dengan gaya blusukannya, Jokowi mampu didekati dan didukung masyarakat. Itu yang penting,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya