SOLOPOS.COM - Plt. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (tengah) memberi keterangan kepada awak media di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

Solopos.com, JAKARTA — Selain bertahannya dua menteri dari Partai Nasdem, yang cukup mengagetkan dari reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (17/7/2023) ini, adalah digantinya Wakil Menteri Agama dari PPP, Zainut Tauhid Sa’adi.

Zainut digantikan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag. Saiful merupakan kolega Zainut Tauhid di PPP.

Promosi BRI dan Microsoft Eksplorasi AI demi Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Isu yang beredar luas, Zainut Tauhid diganti karena karena putranya, Najmi Mumtaza Rabbany, bergabung ke Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Presiden Jokowi mengakui ada permintaan dari internal PPP untuk mengganti Zainut Tauhid.

“Itu ada permintaan dari partai,” kata Presiden Jokowi saat ditanya soal penggantian jabatan Wamenag, Senin.

Pernyataan Jokowi dibantah Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. menepis kabar digantinya Zainut Tauhid Sa’adi dari jabatan Wakil Menteri Agama karena putranya, Najmi Mumtaza Rabbany, bergabung ke Partai Perindo.

“Enggak ada, kami enggak ada. Tentu Pak Presiden sebagai yang memiliki hak prerogatif, ya, tentu mengambil keputusan melalui penelahaan yang luas, tidak semata-mata dari partai,” ucap Mardiono kepada awak media seusai memberi pidato pada Pelatihan Juru Kampanye (Jurkam) Tim Pemenangan Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin.

Mardiono menyatakan reshuffle atau perombakan di jajaran pembantu presiden merupakan suatu hal yang wajar.

Dia mengaku juga pernah merasakan hal serupa.

“Itu ‘kan soal pergantian itu sudah menjadi kebiasaan,” ujar Mardiono.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Saiful menegaskan bahwa kerjanya akan searah dengan apa yang diinginkan Presiden Jokowi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya