SOLOPOS.COM - Bendera Indonesia dan China terpasang di lobi Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). PT KCIC menargetkan pembangunan Stasiun Tegalluar akan rampung pada akhir Juni 2023 dan progres pengerjaan Stasiun Tegalluar hingga Mei 2023 mencapai di atas 90 persen. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Qiang di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat lalu (08/09/2023). 

Kedua pemimpin itu membahas berbagai hal terkait hubungan bilateral kedua negara. Jokowi juga menyebutkan perlunya tindak lanjut atas berbagai kesepakatan yang telah dicapai.  

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Adapun tindak lanjut tersebut antara lain, mulai dari bentuk investasi dan berbagai proyek strategis Indonesia-RRT, hilirisasi industri dan energi, peningkatan perdagangan dan perluasan akses pasar produk Indonesia, kesehatan dan penguatan kemampuan nasional, dan konektivitas antara kedua negara. 

Pertemuan bilateral tersebut juga menjadi kunjungan resmi Perdana Menteri China ke Indonesia yang dimulai dengan KTT Asean dan East Asia Summit (EAS).  

Sebelum melakukan dialog resmi, Presiden Jokowi mengajak Perdana Menteri Li Qiang untuk menikmati hidangan ringan di gazebo Istana Merdeka.  

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri RI, dokumen kesepakatan yang dicapai oleh kedua negara Indonesia dengan China, antara lain: 

1. Nota Kesepahaman antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Republik Rakyat Tiongkok dan tentang Dukungan untuk Kerjasama Perusahaan.  

2. Nota Kesepahaman antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan Republik Rakyat China tentang Kerja Sama Perdagangan Elektronik.  

3. Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Industri antara Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Republik Rakyat China.  

4. Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Republik Rakyat China tentang Kerja Sama Pertanian.  

5. Pengaturan Pelaksanaan antara Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Republik Rakyat China tentang Kerja Sama Perikanan.  

6. Nota Kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Rakyat China tentang Kerja Sama Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi.  

Selain itu, dicapai juga beberapa kesepakatan ini dalam kunjungan resmi Perdana Menteri China, antara lain:  

1. Pengaturan Pelaksanaan antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Fujian Republik Rakyat China dan Industri serta Bank Umum Terbatas China tentang Fasilitasi Pembiayaan untuk “Dua Negara, Taman Kembar” Indonesia-China.  

2. Perjanjian Kerangka Kerja Sama antara Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Export-Import Bank dari China 

3. Surat Pertukaran tentang Proyek Hibah Perangkat Inspeksi Anti Narkotika.  

4. Perjanjian Pinjaman Kredit Pembeli Preferensi atas Proyek Pembangunan Bendungan Jenelata antara Pemerintah Republik Indonesia Bertindak Untuk dan Melalui Departemen Keuangan dan Export-Import Bank dari China. 

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan China terhadap Keketuaan Asean yang dipegang Indonesia di tahun 2023 ini.

“Indonesia apresiasi dukungan RRT terhadap Keketuaan Indonesia di Asean dan sentralitas Asean. Untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik tetap damai, stabil, dan sejahtera,” ujar Jokowi.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Daftar Kesepakatan Indonesia-China Usai Jokowi Bertemu PM Li Qiang”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya