SOLOPOS.COM - Vlog Presiden Jokowi dan Raja Salman (Youtube)

Presiden Jokowi mengajak Raja Salman “ngevlog” alias membuat vlog yang diunggah ke akun media sosial.

Solopos.com, BOGOR — Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi ke Indonesia tak hanya disambut dengan acara protokoler di Istana Bogor. Jika sebelumnya para pemimpin negara lain diajak selfie, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini mengajak Raja Salman untuk ngevlog bersama.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Video hasil vlog tersebut kemudian diunggah oleh akun Facebook Presiden Joko Widodo pada Rabu (1/3/2017) malam. Hingga pukul 21.07 WIB, unggahan video ini telah disaksikan hingga 344.00 kali, mendapatkan lebih dari 58.000 like, 4.995 komentar, dan dibagikan hingga 24.994 kali.

Selain di Facebook, video ini juga diunggah di akun Youtube Presiden Joko Widodo dengan judul #JKWVLOG Jamuan Makan Siang Bersama Raja Salman. Video ini ditonton hingga 11.609 kali, mendapatkan 2.286 like, dan 433 komentar.

Dalam video yang direkam oleh Presiden Jokowi itu, Raja Salman tampak sedang menyelesaikan makan siangnya. Presiden Jokowi memberikan pengantar dalam video itu, dan dilanjutkan pernyataan Raja Salman dalam bahasa Arab yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh intepreter di sampingnya.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, beliau baru makan. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dua tahun yang lalu saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau Sri Baginda Raja Salman bisa berkunjung ke Indonesia. Dan kunjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan saya ke Arab Saudi tahun 2015 lalu,” kata Jokowi.

“Kunjungan ini juga meruapakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun Raja Saudi Arabia ke Indonesia. Beliau mungkin ingin menyampaikan sedikit kepada kita semuanya. Silakan Sri Baginda,” lanjut Presiden mempersilakan Raja Salman berbicara.

“Saya sangat senang sekali saat ini berada di Indonesia senang dengan rakyat Indonesia dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia. Dan bagi kamu, rakyat Indonesia adalah merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia,” kata Raja Salman.

Video itu kemudian ditutup oleh pernyataan Presiden Jokowi yang berisi harapannya tentang hubungan baik kedua negara. “Terima kasih Yang mulia, terima kasih. Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik kita antara Kerajaan Saudi Arabia dengan negara kita Indonesia, hubungan yang saling menguntungkan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.”

Berbagai komentar pun menyambut positif vlog ini. “Wkwkwk.. hebat!” komentar Sabihis Ibnu Ahmad.
“God bless you my President Joko Widodo and God bless King Salman as well!” tulis akun Vina Massie-Michael.
“Awesome Pak Jokowi,” tulis akun Day Yumiee Yumiko.

Namun ada juga yang memberikan saran agar Presiden belajar kepada putranya, Kaesang Pangarep, yang gemar membuat vlog. “tanya2 ke mas kaesang pak biar ga goyang2 vlognya,” kata Jordan Junio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya