SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Prediksi IHSG pekan depan disampaikan sejumlah analis. Indeks harga saham gabungan (IHSG) pekan depan diperkirakan masih akan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat pada support 4.200 dengan resistance di level 4.500, di topang persiapan aktivitas window dressing jelang tutup tahun.

Kiswoyo Adi Joe, Analis PT Investa Saran Mandiri memperkirakan penguatan indeks diharapkan capai 2%—7%. Dia menilai sejumlah manajer investasi sudah berancang-ancang meningkatkan perdagangan efek demi memulihkan kinerja portofolio reksa dana.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Momentumnya kan sudah saatnya untuk rebalancing. Kita tunggu saja bagaimana dampak persiapan window dressing,” terangnya kepada JIBI/Bisnis, Sabtu (7/12/2013).

Menurut Adi, sektor konsumer yang berorientasi domestik dan perbankan yang telah cukup banyak terdiskon akan menjadi penggerak indeks pekan depan. Investor juga patut memperhatikan pergerakan untuk sektor properti dan infrastruktur.

Saham-saham yang patut dikoleksi yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP), dan PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR).

Penguatan IHSG dalam beberapa hari ke depan diharapkan menutupi pelemahan sepekan terakhir. IHSG pekan lalu merosot 1,78%, ke level 4.180,79 akibat rilis data ekonomi Amerika Serikat yang di atas ekspektasi membuat adanya spekulasi pengurangan stimulus sehingga mengancam aliran dana asing ke pasar saham.

Investor asing mencetak aksi jual bersih (nett sell) Rp1,26 triliun hanya dalam dua hari terakhir. Bahkan, jika diakumulasi selama sepekan lalu, investor asing mencetak nett sell sebesar Rp1,14 triliun di pasar reguler dan negosiasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya