SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hujan Lebat (Foto Antara)

Ilustrasi Hujan Lebat (Foto Antara)

JAKARTA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan intensitas lebat hingga pekan depan berpotensi terjadi di sejumlah daerah di wilayah tengah dan timur Indonesia.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Selama sepekan ke depan, hujan lebat dengan intensitas 10,0-20 mm/jam atau 50-100 mm/hari diprakirakan berpotensi terjadi di sejumlah daerah di kawasan timur dan tengah Indonesia,” kata Kepala Subbidang Meteorologi BMKG, Hari Tirto Jatmiko, yang dihubungi di Jakarta, Selasa (13/3/2012).

Hujan dengan intensitas lebat tersebut berpotensi di Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan bagian selatan, Kalimantan Timur bagian selatan.

Serta di Sulawesi Tengah bagian selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Sula. Pulau Buru, Papua bagian selatan, Jawa bagian selatan, Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan hasil pantauan BMKG, suhu muka laut di wilayah Indonesia di perkirakan berkisar antara 27.0-31.0 C dengan suhu muka laut terpanas diperkirakan terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Australia bagian utara, Laut Timor bagian timur dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Demikian pula dengan tekanan angin rendah terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Australia bagian utara dan di pantai sebelah barat Australia bagian utara yang bergerak ke arah Tenggara memasuki daratan Australia.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada terjadinya hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang yang berpotensi di sejumlah daerah.

Pada 13-14 Maret 2012, hujan deras disertai kilat dan angin kencang berpotensi di Aceh bagian barat, Sumatera Utara bagian utara dan barat, NTB bagian Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur bagian barat dan selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah bagian timur dan selatan.

Juga berpotensi terjadi di Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara bagian selatan, Maluku Utara bagian barat, Maluku, Papua Barat bagian barat dan utara, Papua bagian utara dan tengah.

Sementara, antara 15-16 Maret 2012 terjadi di Aceh bagian barat, Sumatera Utara bagian utara dan barat, Jabodetabek, NTB bagian timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur bagian barat dan selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara bagian selatan, Maluku Utara bagian barat, Maluku, Papua Barat bagian barat dan utara, Papua Tengah, Papua bagian tengah dan selatan.

Serta pada 17-19 Maret 2012 diprakirakan berpotensi terjadi hujan deras disertai kilat dan angin kencang di daerah yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya