SOLOPOS.COM - Foto udara sejumlah warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). Aksi yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut untuk mendorong upaya mengakhiri konflik antara Palestina dan Israel agar tercipta perdamaian. ANTARA FOTO/Muhbas S/app/YU

Solopos.com, JAKARTA–Aksi Bela Palestina yang digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023), dihadiri sejumlah pejabat negara dan para tokoh. Anies Baswedan menjadi satu-satunya bakal calon presiden (capres) 2024 yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan bakal capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo tidak hadir dalam Aksi Bela Palestina kemarin. Anies didampingi istrinya memberikan orasi terkait dengan Palestina.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Eks Gubernur DKI Jakarta itu duduk di panggung, pada barisan kedua di belakang sejumlah pejabat negara dan tokoh seperti mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR Puan Maharani, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Free, Free Palestine. Free, Free Palestine [Bebaskan Palestina]. Occupation no more. Occupation no more [tiada lagi penjajahan],” kata Anies dalam orasinya ambil mengepalkan tangan dan disambut oleh peserta aksi.

Sementara itu, Partai Gerindra memberikan penjelasan mengenai ketidakhadiran Prabowo Subianto dalam aksi tersebut.  “Saya tahu beliau dari dulu bahkan ketika beliau berada di Jordan, itu saya pernah ajak ke Masjid Al-Aqsa, Pak Prabowo mengatakan ‘Saya tidak akan menginjakkan kaki di sana sampai Palestina merdeka,’. Kira-kira begitu,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat menghadiri Aksi Bela Palestina, Minggu.

Namun, Fadli tak mengungkap apabila Prabowo sebelumnya memang diundang sendiri secara khusus untuk hadir di Aksi Bela Palestina. Dia hanya mengatakan bahwa ketua umumnya itu sudah memiliki kegiatan lain.

Menurut Fadli Zon, seluruh tokoh yang hadir di acara tersebut berbicara tentang kepentingan Palestina. Dia menilai seluruh Bakal Capres yakni Prabowo, Anies, hingga Ganjar mempunyai komitmen yang sama terkait dengan Palestina.

“Ini satu hal yang menurut saya membanggakan ya bahwa calon-calon Presiden kita semuanya mendukung palestina merdeka,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR itu.

Pada bagian lain, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Cholil Nafis mengatakan pihaknya pada rapat internal memutuskan untuk mengundang seluruh elemen atas nama pribadi maupun kelompok.

Tapi, dia mengaku tidak ingin nantinya ada yang membawa kepentingan politik di saat aksi.  Kehadiran Anies di acara tersebut, kata Cholil tidak secara spesifik sebagai peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia mengatakan Anies diundang secara umum saja, tidak secara khusus seperti mengundang pejabat negara.

“Tapi kalau capres cawapres, ya kita undang secara umum tidak secara spesifik dibikinkan undangan, enggak. Kita undang semuanya silakan yang mau hadir, monggo gitu. Maka yang kita persilakan duduk di depan kan para pejabat, karena memang terkonfirmasi,” katanya saat dihubungi Bisnis seusai acara tersebut.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Prabowo Absen di Aksi Bela Palestina, Fadli Zon Beri Penjelasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya