SOLOPOS.COM - Map Jalur Gaza. (Istimewa/Wikimedia)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto siap memberikan empat jenis bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina.

Hal tersebut disampaikan Prabowo dalam acara konferensi tingkat tinggi (KTT) Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza atau Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza di Yordania, Selasa (11/6/2024).

Promosi Peringati Waisak, BRI Peduli Salurkan Bantuan untuk Vihara dan Bagikan Sembako

Bantuan yang pertama, menurut Prabowo adalah meningkatkan kontribusi Indonesia kepada Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

“Kami akan meningkatkan kontribusi kami secara signifikan kepada UNRWA,” tuturnya, dilansir Bisnis.com

Kedua, kata Prabowo, Indonesia juga akan mengirimkan lebih banyak tim medis dan rumah sakit lapangan ke Gaza.

Ditambah lagi, mengirimkan kapal rumah sakit dan berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara (airdrop) ke Gaza jika sangat diperlukan.

“Kami juga siap untuk mengerahkan kapal rumah sakit dan juga mengerahkan aset udara untuk pengiriman bantuan ke Gaza melalui metode airdrop,” katanya.

Selanjutnya, bantuan ketiga dari Indonesia ke Gaza asalah mengevakuasi 1.000 pasien untuk dirawat di rumah sakit Indonesia dan akan dikembalikan ke Gaza setelah pulih dan situasi di Gaza kembali normal.

Keempat, Indonesia juga siap menyediakan perawatan pasca trauma dan pendidikan terhadap anak-anak Gaza dan akan dikembalikan saat situasi kembali stabil.

“Kami juga bersedia mengevakuasi anak-anak dan anak yatim piatu untuk diberikan perawatan pasca trauma dan sekolah. Dan untuk kembali ke Gaza ketika situasi menjadi normal,” ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Menhan Prabowo Subianto Siapkan Empat Bantuan untuk Warga Gaza”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya