News
Rabu, 14 Februari 2024 - 15:30 WIB

Prabowo-Gibran Unggul di TPS Jokowi Mencoblos

Newswire  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas KPPS 10 sedang menandatangani bukti penghitungan surat suara di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Solopos.com, JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan 37 suara di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, tempat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Pasangan Prabowo-Gibran unggul delapan suara suara dari pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies-Muhaimin yang memperoleh 29 suara. Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar-Mahfud memperoleh 20 suara.

Advertisement

“Jadi kami akan memasukkan surat suara yang sudah dicoblos. Ada yang sah 86 surat suara. Yang tidak sah ada satu (surat suara),” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10 Gambir, Hamdi Basjar di Jakarta Pusat, Rabu, dilansir Antara.

Hamdi mengatakan jumlah pemilih di TPS 10 berjumlah 133 pemilih, terdiri dari 120 daftar pemilih tetap (DPT) dan 11 daftar pemilih tambahan (DPTb).

Dari 120 DPT, hanya 76 orang yang menggunakan hak pilih mereka. Sementara itu, 11 pemilih dari DPTb menggunakan hak suara mereka sepenuhnya dengan menyoblos surat suara Pilpres dan DPR RI.

Advertisement

Sementara itu, dari 87 surat suara yang digunakan oleh pemilih, ada 86 surat suara dinyatakan sah dan satu surat suara tidak sah. Surat suara dinyatakan tidak sah karena ada dua pasangan calon yang dicoblos.

Adapun kegiatan pemungutan suara di TPS 10 dimulai pukul 14.20 WIB dengan dihadiri oleh saksi dari perwakilan PDIP, PKS dan Golkar.

Seusai menghitung surat suara Pilpres pada pukul 15.06 WIB, petugas KPPS melanjutkan penghitungan suara untuk pemilu legislatif DPR RI.

Advertisement

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Ibu Iriana tiba di TPS 10, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024) pada pukul 08.48 WIB.

Terlihat, Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih, sedangkan Iriana memakai kemeja hijau sage. Keduanya pun mengisi buku daftar kehadiran dan menunggu giliran untuk mencoblos.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif