SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Inspektur Provinsi Jateng, Hendri Santoso, menunjukkan penghargaan dalam bidang pencegahan korupsi dari Kemendagri di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Pertemuan mesra bakal capres Prabowo Subianto dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) direspons PPP.

Menurut Juru Bicara PPP Achmad Baidowi menyebut partai koalisi pendukung bakal capres Ganjar Pranowo akan tetap berjalan dan tidak terpengaruh meski tanpa PSI.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Sebagaimana diketahui, PSI sejak awal menjadi pendukung Ganjar Pranowo.

“Koalisi tetap saja berjalan. Tanpa PSI, tidak ada masalah. Dengan koalisi yang ada, kami sudah bisa mengusung pasangan calon,” kata Achmad Baidowi dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Menurutnya, partai politik yang mendukung Ganjar Pranowo saat ini telah cukup untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024.

Achmad Baidowi menyebut sejauh ini partai koalisi pendukung Ganjar Pranowo adalah PDIP, PPP, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Dia mengklaim partai lain, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Demokrat dalam posisi penjajakan untuk bergabung.

“Kalau partai lain seperti PSI tidak mau bergabung, ya, bagaimana lagi. Kami tetap jalan dan kami tidak terpengaruh,” kata dia.

Achmad Baidowi mengatakan partai koalisi pengusung Ganjar semakin solid.

Koalisi, kata dia, tengah fokus menyusun dan menjalankan strategi untuk memenangkan Gubernur Jawa Tengah.

“Sejauh ini sangat solid. Terakhir kami melakukan pendidikan Jurkamnas (Juru Kampanye Nasional) Ganjar,” imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, PSI menerima kunjungan bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023).

Seusai pertemuan tertutup, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyebut ada kesamaan antara partainya dan Prabowo Subianto.

“Jadi perbincangannya hangat serius tapi santai, saling berbagi visi, dan ada kesamaan yang saya temukan dari PSI dan Pak Prabowo,” kata Grace seusai menerima kunjungan Prabowo dan rombongan Partai Gerindra.

Grace menjelaskan PSI dan Prabowo sama-sama meyakini bahwa Indonesia harus bersatu untuk menjadikan bangsa kuat dan maju.

Senada dengan itu, Prabowo mengaku menemukan kecocokan dengan PSI.

Prabowo menyebut bahwa ia mengajak PSI untuk bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

“Oh, iya. Kami tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerja sama,” kata Prabowo.

Sebagai informasi, PSI pernah menyatakan siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 bahkan sebagai garda terdepan.

“PSI siap dukung di garda terdepan dalam pencapresan Ganjar Pranowo,” kata Grace Natalie dalam keterangan diterima, di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Grace mengatakan kepemimpinan nasional membutuhkan sosok yang sangat kompeten dan berintegritas, tidak boleh sosok medioker.

“Mas Ganjar sudah terbukti dengan kerjanya di Jawa Tengah. Dengan beliau menyatakan siap jadi capres, Indonesia punya harapan untuk memiliki presiden dengan kualitas yang tak kalah dengan Pak Jokowi,” kata Grace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya