SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi pengumuman PPDB tahun 2012 (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO-Sebanyak 41 sekolah swasta belum diminati pendaftar pada hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Solo, Senin (24/6/2013). Sementara itu, pendaftar PPDB di sejumlah SMK tembus 200 orang.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Berdasarkan Jurnal PPDB Online dari situs resmi ppdbsolo.net hingga pukul 18.02 WIB tercatat 28 SMP yang belum terisi pendaftar. Sementara hingga pukul 15.38 WIB, sebanyak 13 SMA belum terisi pendaftar.

Seluruh sekolah yang belum terisi merupakan sekolah swasta. Seperti diketahui, sebanyak 49 SMP dan 24 SMA terdaftar sebagai sekolah penyelenggara PPDB Online 2013 Solo.

Berdasarkan pantauan Espos, pendaftar PPDB Online masih menyerbu sekolah favorit, seperti SMPN 1 (104 pendaftar), SMPN 2 (107pendaftar), SMPN (114 pendaftar), SMAN 1 (150 pendaftar) dan SMPN 4 (88 pendaftar).

Menanggapi hal tersebut, Ketua PPDB 2013 Solo, Unggul Sudarmo, mengatakan banyak sedikitnya pendaftar di masing-masing sekolah ditentukan selera masyarakat. Menurutnya, masing-masing memiliki penilaian tersendiri terkait sekolah yang ingin dituju.

“Tidak ada kebijakan tertentu untuk memeratakan pendaftar bagi semua sekolah,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Senin malam.

Selain peminat yang masih bervariasi, hari pertama PPDB juga diwarnai pergantian kuota di SMAN 5 dan SMPN 1. Unggul mengatakan, sebelumnya kuota PPDB Dalam Kota di SMAN 5 sebanyak 202 orang, kini berkurang menjadi 200 orang.

Kuota PPDB Luar Kota di sekolah itu pun berkurang dari 58 orang menjadi 56 orang. Di SMPN 1, kuota PPDB Dalam Kota berkurang dari 192 orang menjadi 191 orang, sedangkan kuota PPDB Luar Kota tetap 51 orang.

Berkurangnya kuota kedua sekolah disebabkan bertambahnya jumlah siswa yang tidak naik kelas di masing-masing sekolah. Pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo belum bisa dimintai rincian jumlah siswa tinggal kelas hingga Senin siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya