SOLOPOS.COM - Sebanyak 14 calon MWA UNS Solo sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi. (Dok)

Solopos.com, SOLO—Calon anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sudah ditetapkan setelah dilakukan pemilihan oleh masing-masing perwakilan pada Kamis-Sabtu (15-17/2/2024).

Saat ini calon anggota MWA sedang diajukan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Sekretaris Panitia Pemilihan Anggota MWA (PPA MWA) UNS, Mohammad Jamin ketika dihubungi Solopos.com, Kamis (22/2/2024) mengatakan total sudah ada 14 calon anggota yang terpilih dari 45 yang lolos seleksi administrasi.  

Jamin mengatakan calon anggota yang terpilih terdiri atas wakil dari masyarakat berjumlah empat, wakil dari Senat Akademik (SA) UNS berjumlah tujuh, wakil dari alumni berjumlah satu, wakil dari tenaga kependidikan atau tendik berjumlah satu, dan wakil dari mahasiswa berjumlah satu.

Jamin mengatakan proses pemilihan anggota MWA UNS dari unsur masyarakat dan SA digelar pada 15 Februari 2024. Adapun mekanisme pemilihan anggota MWA UNS dari unsur masyarakat dan SA  dilakukan musyawarah.

Sedangkan untuk pemilihan anggota MWA UNS dari unsur Tendik dan mahasiswa dilakukan pada 16 Februari 2024. Pemilihan anggota MWA dari unsur mahasiswa dipilih oleh pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) UNS, sedangkan tendik dilakukan secara voting.

Dilanjutkan pemilihan anggota MWA dari unsur alumni pada 17 Februari 2024. Terkait mekanisme pemilihan, PPA MWA UNS Solo menyerahkan kepada pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS. 

Jamin menjelaskan proses tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Dia menjelaskan setelah hasil diserahkan ke SA pada 19 Februari 2024 dan sudah dilaksanakan pleno khusus penetapan calon terpilih pada 21 Februari 2024, proses selanjutnya adalah diserahkan ke kementerian.

“Setelah proses ini calon anggota yang terpilih itu akan diajukan ke  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” kata dia. 

Pemilihan anggota MWA yang baru ini merupakan bagian dari proses pemilihan rektor UNS Solo. Setelah Kemendikbudristek secara resmi mengangkat anggota MWA melalui hasil pleno, maka tugas MWA selanjutnya adalah membentuk panitia pemilihan rektor.

“Harapannya proses ini segera dilaksanakan, agar UNS Solo bisa segera memiliki rektor definitif yang bisa diterima oleh semua pihak, dan mampu melanjutkan pengembangan-pengembangan UNS,” kata dia.

Inilah 14 calon MWA UNS Solo:

Wakil Masyarakat:

1. Muliaman Darmansyah Hadad, Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia, Tbk
2. Bahrullah Akbar, Komisaris Utama PT Bank DKI Jakarta
3. Sutanto, Staf khusus Kepala BIN
4. Ayu Kartika Dewi, Staf khusus Presiden.

Wakil Senat Akademik:

1. Yunastiti Purwaningsih, FEB UNS Solo
2. Syamsul Hadi, FT UNS Solo
3. Okid Parama Astirin, FMIPA UNS Solo
4. Suminah, FP UNS Solo
5. Riyadi Santosa, FIB UNS Solo
6. Mohammad Furqon Hidayatullah, FKOR UNS Solo
7. Ari Natalia Probandari, FK UNS Solo

Wakil Alumni:

1. Budi Harto, Dirut PT Hutama Karya (Persero)

Wakil Tenaga Kependidikan:

1. Hermawan Rudhianto, Bagian Perencanaan, Informasi, Kerja Sama dan Alumni

Wakil Mahasiswa:

1. Ahmad Brian Anggoro, FEB UNS Solo

Sumber: UNS Solo. (fid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya