SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik naik bus. (Freepik.com).

Solopos.com, SOLO — Polri kembali menggelar program mudik gratis Presisi 2024 dengan menyediakan 400 unit bus berkapasitas 20.000 penumpang dengan tujuan beberapa daerah di Pulau Jawa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan pendaftaran mudik gratis Polri Presisi 2024 sudah dibuka mulai hari ini, Rabu (20/3/2024).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Program dilaksanakan dan Korlantas Polri membuka pendaftaran mulai hari ini, Rabu,” kata Trunoyudo sebagaimana dilansir Antara.

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan masa pendaftaran dibuka selama tiga hari, yakni mulai 20 sampai 22 Maret 2024, mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Tempat pendaftaran dibuka di Samsat seluruh Polda Metro Jaya dan Satpas SIM Daan Mogot.

“Silahkan masyarakat mendaftar dengan syarat membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan satu fotokopi KTP, berlaku perorangan tidak untuk kelompok,” katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengatakan, program mudik gratis ini bertujuan untuk memberikan akomodasi kepada masyarakat yang mudik dengan sepeda motor, guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

“Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftarkan mudik gratis Polri untuk mengurangi risiko kecelakaan dan arus dapat berjalan dengan lancar serta aman,” katanya.

Peserta Mudik gratis Polri Presisi 2024 ini, kata Trunoyudo, akan diberangkatkan pada 6 dan 7 April 2024 dari Lapangan Monas, Jakarta.

Mudik gratis Polri Presisi 2024 melayani tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Jawa Barat

Kota-kota yang menjadi tujuan mudik untuk wilayah Jawa Barat, yakni rute Kuningan-Majalengka-Indramayu-Cirebon-Kuningan. Kemudian, rute Banjar-Sumedang-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar.

Jawa Timur

Jawa Timur, meliputi rute Surabaya (jalur utara) Bojonegoro-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya.

Rute, Madiun-Ngawi-Jombang-Mojokerto-Surabaya-Malang.

Lalu rute, Banyuwangi-Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi.

Jawa Tengah

Sedangkan untuk Jawa Tengah melayani delapan rute, yakni Semarang (Brebes-Tegal-Slawi-Pemalang-Pekalongan-Batang-Kendal-Semarang-Demak-Purwodadi).

Kemudian rute Solo (Solo-Sukoharjo-Sragen-Karanganyar-Boyolali-Klaten). Wonogiri (Wonogiri-Pacitan), Purwakerto (Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara-Wonosobo-Temanggung), Purworejo (Kebumen-Purworejo-Magelang-Sleman-Yogyakarta), Yogyakarta (Kulonprogo-Bantul-Sleman-Gunung Kidul), Kudus (Kudus-Jepara), Rembang (Pati-Rembang).

Pada 2023, Polri juga menggelar mudik gratis Polri Presisi dengan menyediakan 500 unit bus, dengan kapasitas 20.000 penumpang.

Menurut Trunoyudo, Polri akan bersinergi dengan kementerian serta perusahaan yang juga melaksanakan program mudik gratis untuk memfasilitasi antusiasme masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya