SOLOPOS.COM - Anggota Fraksi PDIP DPR Adriansyah mengenakan pakaian tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (11/4/2015) dini hari. Mantan Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, itu merupakan tersangka dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Bali dengan kasus dugaan proses pemberian izin lokasi tambang di Kalimantan Selatan. (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Politikus PDIP yang ditangkap KPK beberapa waktu lalu, Adriansyah, menjalani sidangnya hari ini.

Solopos.com, JAKARTA — Adriansyah sebagai mantan Bupati Tanah Laut didakwa telah menerima uang sebagai hadiah dari Andrew Hidayat, pemilik PT Mitra Maju Sukses. Hal ini terkait pengurusan perizinan usaha tambang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Menerima hadiah berupa uang tunai sebesar Rp1.000.000.000 (Rp1 miliar), USD50.000, dan SGD50.000. Padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya, selaku anggota DPR RI,” kata Jaksa KPK, Trimulyono Hendradi, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Menurut Jaksa Trimulyono, terkait izin tersebut, Adriansyah menerima sejumlah uang dari Andrew. Bahkan, setelah Adriansyah tidak lagi menjabat Bupati Tanah Laut, pemilik PT MMS itu masih meminta bantuan Adriansyah. Bantuan untuk Andrew diberikan dalam pengurusan Persetujuan Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB) Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) PT IAC dan PT DDU.

Sebelumnya, Andrew Hidayat selaku pemilik PT Mitra Maju Sukses dan pemberi uang kepada Adriansyah, dituntut tiga tahun penjara dan denda Rp250 juta subsidair tiga bulan kurungan. Adriansyah adalah anggota Komisi IV DPR dari PDIP. Adriansyah bertemu Andrew Hidayat kali pertama pada 2012 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya