SOLOPOS.COM - Anggota Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi mengenakan topeng Firli Bahuri (kanan) dan Syahrul Yasin Limpo (kiri) saat aksi bersama di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Aksi tersebut sebagai dukungan kepada kepolisian untuk terus mengungkap kasus dugaan pemerasan oleh Ketua KPK Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Antara/Asprilla Dwi Adha)

Solopos.com, JAKARTA — Polisi bakal memeriksa delapan saksi pada kasus dugaan pemerasan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. 

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak menyampaikan pemeriksaan delapan saksi itu dilakukan pada dua tempat. Sebanyak enam saksi diperiksa di Polda Metro Jaya. 

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Agenda pemeriksaan para saksi pada Kamis, 30 November 2023 pukul 10.00 WIB, enam orang diperiksa sebagai saksi di ruang riksa (pemeriksaan) subdit Tipidkor Ditreskrimsus PMJ,” kata Ade kepada wartawan, Kamis (30/11/2023), dilansir Bisnis.com.

Sementara itu, dua orang saksi lainnya bakal diperiksa di ruangan Dittipidkor Bareskrim Polri. Salah satu saksi yang diperiksa di Bareskrim yaitu mantan pimpinan KPK periode 2015-2019 Saut Situmorang. 

“Dua orang diperiksa sebagai saksi di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri. Pak Saut Situmorang salah satunya yang akan diperiksa sebagai saksi pagi ini jam 10.00 wib di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri,” tambahnya. 

Secara terpisah, Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipikor) Bareskrim Polri Arief Adiharsa menyebutkan selain Saut, Tin Latifa dari Kementerian Pertanian juga turut diperiksa. 

“Di Tipidkor Bareskrim pukul 10.00 WIB, [pemeriksaan] Thony Saut Situmorang, Tin Latifa [pejabat Kementan],” tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, tim penyidik Kepolisian telah memeriksa 30 saksi pada Rabu (29/11/2023) dalam kasus pemerasan ini. 

Dari 30 saksi itu, polisi memeriksa Syahrul, eks Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono serta eks Direktur Alat dan Mesin Kementan Muhammad Hatta.

Seusai diperiksa, Syahrul mengatakan bahwa dirinya memberikan keterangan terkait hal yang telah dialaminya dalam kasus dugaan pemerasan Ketua KPK Firli Bahuri di Kementerian Pertanian (Kementan). 

“Saya diperiksa mulai dari jam dua sampai sekarang tentu pemeriksaan ini adalah lanjutan dari pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya yang sebelumnya, apa yang saya alami apa yang saya tahu saya sudah sampaikan ke penyidik,” kata Syahrul di Bareskrim, Rabu (29/11/2023).

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Polisi Periksa 8 Saksi Kasus Firli Bahuri, Ada Eks Pimpinan KPK dan Pejabat Kementan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya