SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--PT PLN (Persero) memperkenalkan lampu baru hemat energi bernama SEHEN (Super Ekstra Hemat Energi).

Lampu ini menggunakan tenaga panel surya dan baru ditawarkan untuk masyarakat di Indonesia Timur.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Demikian disampaikan oleh Direktur Operasi Indonesia Timur, Vickner Sinaga dalam pertemuan dengan wartawan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (8/4/2011).

“Ini milik PLN, lampu SEHEN ini PLN yang mengadakan. Kami jamin bisa terus nyala. Cukup dengan membayar Rp 35.000 per bulan,” kata Vicker.

Untuk dapat memiliki lampu ini, awalnya masyarakat harus memberikan deposit awal Rp 500.000 kepada PLN.

Nanti pelanggan mendapatkan panel surya, 3 lampu SEHEN, tiang, berserta perangkat pendukung lainnya.

Per bulan, pelanggan akan dipotong biaya Rp 35.000. Jika deposit akan habis, pelanggan bisa menambahkan deposit tersebut lewat bank pembangunan daerah (BPD) yang terdapat di daerahnya.

“Untuk yang sudah terpasang sekarang adalah 1.234 pelanggan menggunakan itu, itu di NTB dan NTT. Rencananya ingin menambah sampai 120 ribu untuk masing-masing wilayah (total 240 ribu). Dana yang PLN keluarkan untuk penyediaan pake listrik Lampu SEHEN tersebut adalah sebanyak Rp 840 miliar,” terang Vickner.

Vickner menuturkan, lewat acara ini, maka PLN optimistis bisa menambah 370 ribu pelanggan baru tahun ini.

Dilanjutkan olehnya, bahwa dengan menggunakan cara ini, maka PLN bisa dengan cepat meningkatkan rasio elektrifikasi wilayah Indonesia Timur, ketimbang dengan cara konvensional yang relatif memakan waktu lama karena harus menyiapkan pembangkit, jaringan dan sebagainya.

Seperti diketahui, pemakaian lampu SEHEN yang disediakan oleh pihak PLN ini merupakan PLTS Mandiri, dari salah satu rencana PLN yang ingin melistriki 1.000 pulau terluar Indonesia dengan menggunakan sistim PLTS Komunal.

(Detikcom/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya