SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pemilu Iran JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi Pemilu Iran
JIBI/Harian Jogja/Reuters

TEHERAN-Kementerian Dalam Negeri Iran menyatakan bahwa proses pengambilan suara di Iran telah berakhir. Saat ini warga Iran menantikan hasil pilihan mereka beberapa jam ke depan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sebelumnya Pemilu ini sempat mendapatkan perpanjangan waktu dari yang semula ditargetkan 10 jam lantaran banyaknya pemilih.

Seperti dilansir dari situs foxnews.com, Sabtu (15/6/2013) pada saat pemilihan berlangsung Pemimpin terkemuka Iran, Ayatullah Ali Khomeini sempat mengeluarkan ejekan kepada Amerika Serikat. “The hell with you” ujarnya.

Ejekan ini menanggapi pernyataan AS bahwa Iran tidak akan mungkin sukses melakukan pemilihan umum presiden secara langsung.

Belum terlihat siapa kandidat yang akan menang dari keenam calon pengganti Ahmadinejad. Pemilu Iran ini awalnya diikuti oleh delapan kandidat, namun dua diantaranya berkonsolidasi dengan kandidat yang lain.

Pengawas Pemilu Iran sebelumnya menyeleksi kandidat-kandidat ini dari 680 pendaftar.

Pada Pemilu Iran, wartawan tidak bebas bersliweran mencari berita. Terdapat izin yang ketat bagi wartawan yang ingin meliput pemilu dari kota ke kota. Iran tidak mengizinkan pihak luar untuk memantau hasil pemilu sebelum resmi diumumkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya