SOLOPOS.COM - Dr Hassan Rohani (Google Images)

Dr Hassan Rohani (Google Images)

TEHRAN — Kementerian Dalam Negeri Iran, Sabtu (15/6/2013), menyatakan Hassan Rohani memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) ke-11 di Iran dan menjadi Presiden kedelapan republik Islam itu.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Rohani memenangi mayoritas suara, memperoleh 17.613 juta suara dari 35.458 juta suara sah,” kata Menteri Dalam Negeri Iran Mohammad Najjar dalam konferensi pers yang dikutip SANA. Menurutnya, angka partisipasi pilpres itu mencapai 72,7%.

Hassan Rohani yang bergelar dokter itu lahir tahun 1948 di Kota Sorkheh, Provinsi Semnan. Dia berasal dari keluarga yang dikenal publik karena berjuang melawan kekuasaan rezim Shah.

Rohani berpartisipasi dalam mengorganisasi tentara Iran, ia terpilih menjadi anggota di Dewan Syura selama lima periode antara tahun 1980 sanpai 2000 dan merupakan Ketua Dewan selama 16 tahun, 1989-2005.

Rohani, selama ini juga dikenal sebagai penasihat Presiden Hashemi Rafsanjani dan Mohammad Khatami. Pada 2003, ia menjadi wakil Iran untuk negosiasi dengan pihak Eropa mengenai file nuklir Iran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya