SOLOPOS.COM - Tanner Tillotson (kanan) saat memberikan suaranya, Selasa (6/11/2012) dini hari waktu setempat di New Hamshire. (msn.com)

Tanner Tillotson (kanan) saat memberikan suaranya, Selasa (6/11/2012) dini hari waktu setempat di New Hamshire. (msn.com)

WASHINGTON – Pemungutan suara pemilihan presiden (pilp;res) Amerika Serikat (AS) telah dimulai tepat setelah tengah malam Senin (5/11/2012) waktu setempat di dua desa kecil di Negara Bagian New Hampshire, yakni Dixville Notch dan Hart’s Location. Seorang pemuda bernama Tanner Tillotson tercatat sebagai pemilih pertama dalam pilpres AS, Selasa (6/11/2012) waktu setempat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pria berusia 24 tahun ini merupakan warga Dixville Notch dan terdaftar sebagai pemilih pertama di antara hanya 10 pemilih yang terdaftar. “Agak menyenangkan, tapi juga agak mengintimidasi. Sebenarnya ini merupakan kali kedua saya mendapat kehormatan sebagai pemilih pertama di negara ini,” ujar Tillotson mengungkapkan perasaannya sebagai pemilih pertama seperti dilansir euronews.

“Saya menyukai tradisi Dixville Notch. Saya berharap ini bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang yang melihat pemungutan suara di kota kecil. Saya juga berharap mampu menunjukkan kepada orang-orang, betapa pentingnya memilih dan suara Anda didengar,” imbuh Tillotson yang mengaku memilih Obama sebagai presiden pilihannya.

Tradisi menjadi kota pertama yang memulai pemungutan suara dalam pilpres AS telah dijalani warga Hart’s Location sejak 1948 Saat itu, banyak pekerja rel yang tidak bisa ikut pemungutan suara karena harus bekerja seharian penuh, sehingga pemungutan digelar pada dini hari sebelum bekerja, agar mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

Wilayah Dixville Notch mulai menjalankan tradisi yang sama sekitar lima  tahun kemudian. Tradisi ini berlanjut hingga sekarang.

Hasil penghitungan suara di Dixville Notch menunjukkan hasil seri dengan Presiden Barack Obama dan calon Partai Republik, Mitt Romney, masing-masing mengantongi lima suara.

Sedangkan di Hart’s Location, Obama meraih 23 suara, mengalahkan Romney yang hanya mendapatkan sembilan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya