SOLOPOS.COM - Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com JAKARTA — PDIP hingga kini belum mengeluarkan nama capres yang bakal bertarung di Pilpres 2014. Ketua umum PDIP selalu meminta masyarakat menunggu usai pileg saat didesak pencapresan Jokowi. Langkah ini dinilai agar para caleg PDIP tak bertumpu pada elektabilitas Jokowi untuk memenangkan pemilu.

“Saya melihat mengapa dia (Mega) tidak mencapreskan Jokowi karena dia tidak ingin kadernya ongkang-ongkang kaki,” ujar pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi di kantor Indikator, Jalan Cikini V, Menteng, Jakpus, Minggu (5/1/2014).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Burhanuddin menilai dengan tingginya elektabilitas Jokowi saat ini otomatis dapat memudahkan langkah para caleg PDIP untuk memenangkan pemilu 9 April nanti. Skenario penyimpanan ini efektif untuk membuat kadernya bekerja keras mendapatkan target suara di pileg.

“Calon-calonnya tidak akan bekerja keras. Efek dari figur Jokowi terlalu dominan,” lanjutnya.

Di berbagai survey, efek Jokowi terhadap elektabilitas partai PDIP memang sangat tinggi. Masyarakat melihat seorang Jokowi bukan sebagai politisi PDIP tapi figur yang pro rakyat.

Gelombang mendukung Jokowi untuk maju kontestasi pilpres memang besar. Namun hal tersebut tak mempengaruhi Ketua DPP PDIP, Megawati yang tetap menyimpan rapi siapa yang akan ditunjuknya sebagai capres.

“Tunggu setelah 9 April,” ujar Megawati dalam berbagai kesempatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya