SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA- Ketua MK Mahfud MD diisukan masuk tim sukses pencapresan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical). Keduanya disebut-sebut kerap menggelar pertemuan membahas isu politik terkini.

Sejumlah sumber di internal Partai Golkar menyebutkan Mahfud MD sudah menjadi salah satu dari beberapa penasehat pribadi Aburizal Bakrie. Selain Mahfud ada nama lain yang dirangkul Ical yakni Khofifah Indar Parawansa dan tokoh nasional lainnya untuk persiapan Pilpres 2014.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Kedekatan Mahfud MD dan Ical memang sudah berlangsung lama. Mahfud MD dan Ical sama-sama menteri di era Presiden Abrurrahman Wahid (Gus Dur).

“Dulu kan sama-sama menterinya Gus Dur, dekat sekali. Sejak sama-sama jadi menteri itu komunikasi mereka terus terjalin, apakah hanya menjadi penasehat atau sudah masuk tim sukses hanya Pak Ical yang tahu,” tutur sumber yang juga orang dekat Ical di internal Golkar, Kamis (19/1/2011).

Dalam sejumlah pertemuan, Mahfud MD disebut-sebut kerap memberikan saran-saran menyangkut peta politik nasional kepada Ical. Menurut beberapa kalangan di internal Golkar, dalam sejumlah pertemuan Mahfud hadir bersama Luhut Panjaitan, salah satu jenderal senior di kubu Ical.

Kedekatan Mahfud dengan Ical ini diakui politisi muda Golkar, Indra J Piliang. Anggota Litbang Partai Golkar ini melihat Mahfud punya hubungan baik dengan Ical sejak lama.

“Bang Ical banyak orang dekat, termasuk Pak Mahfud. Pak Mahfud pernah kita undang menjadi penceramah bulan Ramadan,” ungkap Indra.

Kedekatan Mahfud MD dengan Ical memancing spekulasi banyak pihak. Tak sedikit tokoh penting di Golkar menduga Mahfud MD adalah salah seorang kandidat Cawapres yang sangat penting bagi Ical.

Spekulasi Ical-Mahfud MD bukan tanpa alasan. Nama Mahfud MD bahkan masuk dalam bursa Cawapres Ical, dalam Rakernas Golkar beberapa waktu lalu.

“Namun Pak Mahfud masuk, tapi belum banyak yang membicarakan,” tutur Indra.

Bisa jadi benar Mahfud MD adalah semacam penasehat politik Ical. Namun untuk menjadi Cawapres, tentu Mahfud tak mungkin muncul saat ini secara blak-blakan.

“Karena beliau masih menjabat Ketua MK,”tandasnya. detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya