SOLOPOS.COM - Para warga Tepi Barat berpesta dan mengibarkan bendera Palestina, Jumat (20/11/2012). (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Kubu pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) meyakini Jokowi dapat membantu Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya jika lolos dalam Pilpres 2014 nanti. Namun ada dua hal yang harus dilakukan oleh Jokowi untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Penegasan tersebut disampaikan anggota Tim Pemenangan Pasangan Jokowi-JK, Zuhairi Misrawi, di Jakarta, Senin (23/6/2014). “Pertama, mendorong rekonsiliasi di antara faksi-faksi politik di dalam negeri Palestina, terutama dalam rangka merumuskan kesepakatan politik yang dapat diterima semua pihak,” tuturnya.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Menurut Zuhairi, untuk mencapai rekonsiliasi tersebut diperlukan musyawarah mufakat seperti yang tercermin dalam sila ke-4 Pancasila yang dapat dijadikan sebagai role model.

Kemudian yang kedua menurut Zuhairi, Jokowi juga harus melakukan diplomasi dengan negara-negara Barat agar Palestina merdeka serta mendapatkan pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kedua, menggunakan diplomasi dengan negara-negara Barat agar Palestina mendapatkan pengakuan penuh dari PBB sebagai negara yang merdeka dan bermartabat,” tukas Zuhairi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya