SOLOPOS.COM - Logo PDIP (JIBI/Dok)

Pilkada serentak dijadwalkan terlaksana pada Desember mendatang.

Solopos.com, SEMARANG – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak diagendakan akhir tahun 2015. DPP PDIP bakal memberikan rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah yang memenuhi tiga persyaratan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketua DPP PDIP M. Prakoso mengatakan tiga persyaratan tersebut mutlak harus dimiliki bakal calon kepala daerah yang diusung PDIP pada pilkada di 21 kabupaten/kota di Jateng.

”Tiga persyaratan ini meliputi memahami ideologi partai, tingkat keterpilihan, dan mampu melakukan konsolidasi partai dengan baik,” katanya di sela fit and proper test bakal calon kepala daerah di Kantor DPD PDIP Jateng, Panti Marhaen, Kota Semarang akhir pekan lalu.

Dia kemudian menjabarkan tentang perlunya bakal calon kepala daerah memahami ideologi partai PDIP yakni kerakyatan, sehingga senantiasa memperjuangkan kepentingan rakyat.

Keterpilihan, kata dia, yakni adanya peluang yang tinggi bakal calon kepala daerah bisa memenangi pilkada yang diukur melalui hasil survei terhadap calon bersangkutan.

Prakoso menambahkan bakal calon kepala daerah juga harus mampu melakukan konsolidasi partai dengan baik, tidak malah menjadi penyebab terjadinya perpecahan partai.

”Bakal calon kepala daerah yang memenuhi tiga hal ini yang akan mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDIP pada pilkada 2015,” ungkap mantan Ketua DPD PDIP Jateng ini.

Prakoso menambahkan DPP PDIP sebelum mengeluarkan rekomendasi akan melakukan penelusuran terhadap rekam jejak atau track record calon kepala daerah bersangkutan.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto menegaskan untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP tidak ada pungutan uang.

”Saya menjamin tidak pungutan atau harus membayar uang untuk mendapatkan rekomendasi DPP,” tegas dia.

Bambang mengimbau kepada para bakal calon kepala daerah supaya jangan percaya kalau ada pihak-pihak mengaku dari DPP PDIP meminta mentransfer uang untuk mendapatkan rekomendasi.

”Jangan percaya kalau ada tokoh DPP PDIP meminta untuk mentransfer uang, karena sudah pasti bohong,” imbau anggota DPR RI ini.

Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng mengungkapkan dari 174 orang bakal calon kepala daerah di 21 kabupaten/kota yang mendaftar melalui DPC dan DPD PDIP yang mengikuti fit and proper test sebanyak 112 orang.

”Hasil fit and proper test menjadi bahan pertimbangan bagi DPP PDIP untuk mengelurakan rekomendasi kepala bakal calon kepala daerah,” kata Agustina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya