SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan kepala daerah (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada serentak 2015, Kemendagri telah menyiapkan 3 tahap pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak 2015.

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan telah menyusun jadwal pelantikan untuk kepala daerah hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu. Pelantikan disiapkan dalam 3 tahap.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Tanggal 12 Februari pukul 10.00-11.00 WIB, (pelantikan) 7 gubernur dilantik Bapak Presiden (Joko Widodo) di Istana Negara,” ucap Mendagri Tjahjo Kumolo, seperti dilansir detikcom, Selasa (9/2/2016).

Kemudian, tanggal 17 Februari 2016 pelantikan secara serentak untuk 202 bupati dan wali kota oleh gubernur masing-masing sesuai undang-undang. Pelantikan digelar di ibu kota provinsi seluruh Indonesia

“Catatan, 4 kabupaten/kota dan 1 provinsi diundur, 7 Bupati, Wali Kota masih diproses sengketa di MK,” ujar Tjahjo.

Pelantikan gelombang dua, jelas dia, dilaksanakan Maret 2016. Yaitu pelantikan untuk 11 bupati, wali kota dan 1 Gubernur Kalimantan Tengah jika tidak ada masalah sengketa di MK.

“Juni 2016, (pelantikan) 1 Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dan 30-an bupati, wali kota. Dilantik di ibu kota provinsi, karena sesuai ketentuan undang-undang masa habis jabatan kepala daerah bulan Juni tidak boleh dikurangi,” kata Tjahjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya