SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil dan Atalia Praratya (Instagram @ridwankamil)

Elektabilitas Ridwan Kamil unggul di atas calon-calon lainnya menjelang Pilkada Jabar.

Solopos.com, JAKARTA — Jika Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018 digelar awal Maret, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum keluar sebagai pemenang kontestasi. Ridwan Kamil memuncaki survei elektabilitas hingga bulan ini.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Demikian temuan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ketika melakukan survei pada 1-8 Maret 2018. Pasangan Ridwan-Uu dipilih oleh sekitar 43,7% responden. Duet tersebut unggul atas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,7%, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 4,6%, dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 2,8%.

“Terdapat 18,2% responden yang menjawab tidak tahu atau belum memiliki pilihan ketika pilkada digelar saat survei,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Selain pasangan calon, SMRC juga menanyakan kepada responden pilihan mereka terhadap calon gubernur tanpa menyertakan calon wakil gubernur. Hasilnya, Ridwan Kamil berhasil mengungguli tiga cagub lainnya.

Ridwan mendapatkan 42,3% suara, disusul Deddy Mizwar 30,2%, Sudrajat 4,3%, dan nomor buntut Hasanuddin 3%. Untuk kategori ini, ada 20,1% responden yang tidak menjawab pilihan mereka.

“Trennya terjadi peningkatan elektabilitas dari survei-survei 1 tahun terakhir khususnya untuk Ridwan dan Deddy,” ujar Deni.

Sampel dari jajak pendapat tersebut adalah 801 responden se-Jawa Barat yang memiliki hak pilih. Marjin kesalahan rata-rata sebesar +/- 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya