SOLOPOS.COM - Drumer sekaligus pendiri grup band Slank, Bimo Setiawan alias Bim-Bim menunjukkan surat suara saat hendak mengikuti Pilkada DKI Jakarta di TPS kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu, (11/7/2012). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Drumer sekaligus pendiri grup band Slank, Bimo Setiawan alias Bim-Bim menunjukkan surat suara saat hendak mengikuti Pilkada DKI Jakarta di TPS kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu, (11/7/2012). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Tepat pukul 13:00 WIB hari ini, Rabu (11/7/2012), seluruh 15.111 TPS (tempat pemungutan suara) ditutup bagi para pemilih. Kotak suara yang masih tergembok akan dibuka untuk dilakukan penghitungan suara. Media elektronika, terutama televisi, saat ini memfokuskan hasil perhitungan suara. Salah satu yang menjadi sasaran empuk media televisi adalah hasil quick count (hitung cepat) yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

LSI mengerahkan tim survei di 410 TPS untuk mengirimkan hasil perhitungan TPS untuk dikirim via SMS ke pusat penghitungan quick count LSI. Itulah mekanisme kerja LSI dalam mengumpulkan suara untuk penghitungan quick count hasil Pilkada DKI.

Apakah Anda mempercayai hasil quick count tersebut sebagai acuan? Secara matematis 410 TPS yang dijaring LSI hanyalah 2,71% dari total TPS yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Utaran, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Tentu saja LSI tak sembarangan memilih 410 TPS, karena secara akademis lembaga survei itu akan memilih TPS yang representatif sebagai sampling. Namun sekali lagi, apakah Anda yakin hasil peghitungan dari 2,71% TPS itu bisa mewakili hasil Pilkada DKI 2012?

Yang jelas, dari aspek legal atau hukum yang dijadikan acuan untuk memutuskan hasil Pilkada DKI adalah penghitungan final dari KPUD DKI Jakarta. Jadi bagi Anda pendukung 6 pasangan Cagub-Wagub DKI Jakarta, janganlah terlalu merisaukan hasil quick count dari LSI, karena secara hukum yang diakui adalah hasil hitungan akhir KPUD DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya