SOLOPOS.COM - Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS

KERAJINAN BARANG BEKAS-Sejumlah pelajar tingkat SD membuat hiasan lampu dari bahan botol air minum bekas saat mengikuti Lomba Kreatifitas Barang Bekas di Taman Balekambang, Solo, Kamis (19/4/2012). Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kreatifitas dengan memanfaatkan berbagai benda yang sudah tidak terpakai di sekitarnya. (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Kantong plastik dan barang bekas lainnya yang sering kita temukan tiap hari, ternyata bisa berubah menjadi karya seni yang apik di tangan siswa-siswa SD dan SMP dalam Lomba Kreasi Barang Bekas yang digelar di Taman Balekambang, Kamis (19/4/2012).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Lihat saja Azzahra Syach Asri, salah satu peserta dari SD Al-Azhar Syifa Budi, dengan terampil ia mengubah kantong plastik menjadi pohon bonsai. Tanpa canggung, ia membakar sedotan plastik berwarna hijau yang telah diatur dalam kawat untuk dijadikan sebagai daun pohon bonsainya, kemudian ditempelkannya pada batang dan dahan pohon bonsai yang terbuat dari kantong plastik.

Selain pohon bonsai, barang bekas lainnya pun bisa berubah menjadi bunga tulip berwarna-warni. Dengan sedotan plastik sebagai tangkainya dan tempat bekas agar-agar sebagai mahkota bunga, Namira Aulia berhasil membuat karangan bunga tulip berwarna merah dan kuning.

Selain dua karya itu, masih ada karya-karya lainnya yang tentunya menggunakan bahan-bahan dari barang bekas, seperti pesawat terbang dari botol plastik dan bunga hias dengan menggunakan kertas semen dan batik.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa tersebut merupakan salah satu acara untuk memeriahkan Pesona Balekambang yang berlangsung, Rabu-Minggu (18-22/4/2012). “Kegiatan ini juga untuk mengenalkan anak-anak agar mereka tau barang bekas pun masih bisa dimanfaatkan, bahkan menjadi karya seni,” jelas Aris Saputro, Koordinator Pesona Balekambang ketika ditemui Solopos.com.

Selain lomba kreasi barang bekas, Pesona Balekambang pun melibatkan siswa sekolah agar lebih mengenal Taman Balekambang dengan kegiatan lainnya, seperti workshop dan pameran batik hasil karya siswa SMP. “Pada hari Kartini nanti, akan ada acara bersih-bersih Taman Balekambang oleh siswa SD dengan menggunakan pakaian adat,” jelas Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya