SOLOPOS.COM - Foto Garuda Indonesia tergelincir (ist/Hunggul Budi Prihono)

Akibat insiden tergelincirnya GA258, setidaknya ada sepuluh penerbangan tujuan Bandara Adisutjipto, Jogja, terpaksa dialihkan.

Harianjogja.com, JOGJA-Akibat insiden tergelincirnya GA258, setidaknya ada sepuluh penerbangan tujuan Bandara Adisutjipto, Jogja, terpaksa dialihkan tujuannya dan sebagian lagi kembali ke bandara asal (return to base).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Kesepuluh penerbangan itu yakni Garuda Indonesia dari Cengkareng (GA216), Garuda Indonesia dari Denpasar (GA255), Citilink dari Halim Perdanakusuma (QG102). Ketiganya terpaksa kembali ke bandara asal. Adapun Sriwijaya Air dari Makassar, Sulawesi Selatan, tujuan Jogja yang dijadwalkan mendarat di Jogja, juga dialihkan ke Cengkareng.

Lima pesawat Lion Air juga terpaksa gagal mendarat di Adisutjipto dan dialihkan. Pesawat Lion Air JT 523 dari Banjarmasin tujuan Jogja dialihkan ke Cengkareng.

Sedangkan JT JT554,JT564,JT568 dari Cengkareng, urung diberangkatkan. Satu lagi pesawat Lion Air JT677 dari Balikpapan yang sudah masuk wilayah udara Jogja terpaksa dialihkan ke Cengkareng.

Terakhir, masih dari Lion Air Grup, pesawat Batik Air ID7541 dari Halim Perdanakusuma yang juga sudah masuk wilayah udara Jogja juga dialihkan kembali ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Dari catatan perjalanan di flightradar24.com, pesawat Batik Air tersebut sudah memasuki langit Jogja dan berputar-putar di udara (hauling) di sekitar langit Kulonprogo sebanyak tiga kali sebelum terbang kembali ke Jakarta.

Salah satu penumpang GA216 yang ikut terkena imbas tergelincirnya pesawat GA258, Prasetyo Sumadi mengatakan, pesawatnya terpaksa kembali ke Cengkareng. “Pilot mengumumkan mendarat tinggal lima menit lagi. Tapi karena ada insiden itu, pesawat balik lagi ke Jakarta,” kata pria yang baru tiba di Indonesia dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab itu.

Prasetyo yang tadi malam berniat pulang kampung mengunjungi keluarga itu mengatakan, biasanya, dia juga memakai penerbangan lanjutan dari Cengkareng ke Jogja dengan pesawat GA258 yang tergelincir itu. “Kok kebetulan kali ini orang kantor salah ngebook tiket Garuda,” kata dia.

Setelah kembali lagi ke Jakarta, Garuda Indonesia mengumumkan penerbangan ditunda hari berikutnya. “Semua penumpang diinapkan semalam di hotel FM7, Kota Tangerang. Garuda Indonesia tanggung jawab kok. Mereka booking tiga hotel untuk menampung penumpang,” ujar pria yang bekerja di perusahaan minyak itu.

 

Pesawat Tujuan Jogja
Divert dan RTB

1. QG102 HLPJOG dvt to HLP
2. GA216 CGKJOG dvt to CGK
3. GA255 DPSJOG dvt DPS
4. SJ713 UPGJOG dvt CGK
5. JT523 BDJJOG,
6. JT554
7. JT564
8. JT568CGKJOG dvt CGK
9 JT677 BPNJOG dvt CGK
10 ID7541 HLPJOG dvt CGK/HLP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya