SOLOPOS.COM - Peta perjalanan pesawat Malaysia Airlines MH 370 yang hilang, Sabtu (8/3/2014). (Istimewa/CNN)

Solopos.com, JAKARTA — Serpihan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada Sabtu (8/3/2014) lalu berhasil ditemukan satelit China. Serpihan itu ditemukan dalam radius 20 meter di posisi 105,63 derajat bujur timur dan 6,7 derajat lintang utara dalam berbagai ukuran.

Serpihan pesawat yang mengapung di permukaan laut tersebut masing-masing berukuran 13 x 18 meter dan 14 x 19 meter setelah enam hari dinyatakan hilang. Pesawat tersebut  dinyatakan hilang setelah putus kontak dengan pihak Bandara Kuala Lumpur sekitar satu jam  setelah berangkat dari Kuala lumpur menuju Beijing.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Temuan itu berbeda dari analisa pihak otoritas Malaysia yang mulai mengarahkan upaya pencarian ke arah Selat Malaka atau arah yang berlawanan dengan posisi benda tersebut ditemukan saat ini. Mengutip laporan situs Pemerintah China yang dilansir Bloomberg, Kamis (13/3/2014), China melaporkan akan terus mengoptimalkan pemantauan di area yang sudah terdeteksi tersebut. Selain itu, mereka menganalisa data dan terus mencari serpihan lainnya.

Satelit Chinamenemukan benda yang diduga pecahan dari pesawat Boeing 777-200ER Malaysia Airlines (MH370). Seorang pejabat Pemerintah China yang tidak disebutkan identitasnya menyebutkan wilayah penemuan itu diduga di laut.

Menurut CNN, citra satelit China itu menampilkan tiga puing berikut dengan ukurannya. Citra satelit ini diperoleh pada Minggu (9/3/2014) atau sehari setelah pesawat naas itu dinyatakan hilang pada Sabtu siang (8/3/2014). Dari citra satelit tersebut disebutkan titik koordinat lokasi temuan itu berada di laut lepas, di antara ujung selatan Vietnam dan ujung timur Malaysia.

Sebelumnya, nelayan Malaysia mengklaim menemukan satu perangkat pelampung yang biasa terlihat di pesawat udara, saat menangkap ikan di perairan Malaysia, Selasa tengah malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya