SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang milik maskapai Malaysia Airlines (wikipedia.org)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyatakan Pemerintah Indonesia prihatin atas hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH 370 yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing, Sabtu (8/7/2014) pagi.

“Kami merasakan keprihatinan dan mendoakan keselamatan bagi seluruh penumpang pesawat terbang itu,” kata Natalegawa, saat dihubungi, di Jakarta, Sabtu. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi apapun tentang MH370 dari otoritas penerbangan negara-negara keberangkatan, dilintasi, dan negara tujuan; kecuali masih hilang kontak.
Marty juga mengonfirmasi terdapat tujuh orang warga negara Indonesia di antara 239 penumpang pesawat Boeing B-777-200ER itu. Semula dikabarkan ada 12 warga negara Indonesia di dalamnya. “Kementerian Luar Negeri sudah mendapat nama-nama WNI itu dan saat ini pihak maskapai sedang menghubungi keluarga penumpang,” katanya.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Dia sudah menginstruksikan Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur dan Kedutaan Besar Indonesia di Beijing terus mengikuti perkembangan pencarian pesawat oleh tim SAR setempat. Menurut keterangan CEO Malaysia Airlines, Ahmad Jauhari Yahya, dalam akun facebook resmi Malaysia Airlines, MH370 lepas landar Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju Beijing pada pukul 00.41 waktu setempat Sabtu, membawa total 239 penumpang termasuk dua balita dan 12 awak pesawat.

“Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur menuju Beijing telah hilang kontak dengan menara pengawas penerbangan Subang pada Sabtu pukul 02.40 pagi,” kata Yahya. MH370 dijadwalkan tiba di Beijing pukul 06.30 waktu setempat.

Para penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 itu terdiri 152 warga China, 38 warga Malaysia, tujuh warga negara Indonesia, lima warga India, tujuh warga Australia, tiga warga Prancis, tiga warga Amerika Serikat, dua warga New Zealand, dua warga Ukraina, dua warga Kanada, satu warga Rusia, satu warga Italia, satu warga Taiwan, satu dari Belanda, dan satu dari Austria.

Pesawat Boeing 777-200 itu dikemudikan Kapten Zaharie Ahmad Shah, warga negara Malaysia, berumur 53 tahun, yang sudah bekerja untuk Malaysia Airlines sejak 1981 dan memiliki 18.365 jam terbang. Malaysia Airlines mengoperasikan rute Kuala Lumpur-Beijing berdasarkan kerja sama codeshare dengan China Southern Airlines.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Komnas KIPI Pastikan Vaksin Covid-19 Astrazeneca di Indonesia Aman

Komnas KIPI Pastikan Vaksin Covid-19 Astrazeneca di Indonesia Aman
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Jumat, 3 Mei 2024 - 21:12 WIB
share
SOLOPOS.COM - Vaksin AstraZeneca. (ft.com)

Solopos.com, SOLO — Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) memastikan tidak ada kejadian sindrom trombosis dengan trombositopenia yang memicu pembekuan otak di Indonesia sebagai efek samping pemakaian vaksin Covid-19 AstraZeneca.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Komnas PP KIPI, Prof Hinky Hindra Irawan Satari dalam pernyataannya melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI di Jakarta, Kamis (2/5/2024) sore.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

“Keamanan dan manfaat sebuah vaksin sudah melalui berbagai tahapan uji klinis, mulai uji klinik tahap 1, 2, 3 dan 4, termasuk vaksin Covid-19 yang melibatkan jutaan orang, sampai dikeluarkannya izin edar,” katanya seperti diberitakan Antara.

Hal tersebut ia laporkan berdasarkan surveilans aktif dan pasif, termasuk pemantauan terhadap keamanan vaksin yang masih terus dilakukan pihaknya setelah vaksin beredar sampai saat ini.

Koran Solopos

Sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), kata Hinky, Komnas KIPI bersama Kemenkes dan BPOM melakukan surveilans aktif terhadap berbagai macam gejala atau penyakit yang dicurigai, termasuk sindrom trombosis dengan trombositopenia (thrombosis with thrombocytopenia syndrome/TTS) yang berkaitan dengan vaksin Covid-19.

Hinky mengatakan survei dilakukan di 14 rumah sakit di tujuh provinsi yang memenuhi kriteria selama lebih dari satu tahun.

“Selama setahun, bahkan lebih, kami amati dari Maret 2021 sampai Juli 2022. Kami lanjutkan lebih dari setahun karena tidak ada gejalanya, jadi kami lanjutkan beberapa bulan supaya memenuhi kebutuhan jumlah sampel yang dibutuhkan untuk menyatakan ada atau tidak ada keterkaitan. Sampai kami perpanjang juga tidak ada TTS pada AstraZeneca,” katanya.

Emagazine Solopos

Menurut Hinky, Indonesia merupakan negara dengan peringkat keempat terbesar di dunia yang melakukan vaksinasi Covid-19. Sebanyak 453 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke masyarakat Indonesia, dan 70 juta dosis diantaranya adalah vaksin Astrazeneca.

Setelah surveilans aktif selesai, Komnas KIPI tetap melakukan surveilans pasif hingga hari ini, dengan laporan tidak ditemukan laporan kasus TTS, kata Hinky.

Dilansir dari laman Kemenkes, TTS merupakan penyakit yang menyebabkan penderita mengalami pembekuan darah serta trombosit darah yang rendah. Kasusnya sangat jarang terjadi di masyarakat, tapi bisa menyebabkan gejala yang serius.

Interaktif Solopos

Dijelaskan Hinky, jika terjadi pembekuan pada pembuluh otak, maka muncul gejala pusing, mual di saluran cerna, dan pegal di bagian kaki. Gejala lain yang ditunjukkan berupa bercak biru pada tempat suntikan yang diakibatkan jumlah trombosit menurun.

“Ada perdarahan, biru-biru di tempat suntikan, ya, itu terjadi, tapi 4-42 hari setelah vaksin. Kalau sekarang terjadi, ya, kemungkinan besar terjadi karena penyebab lain, bukan karena vaksin,” katanya.

Masyarakat juga masih bisa melaporkan kejadian ikutan pasca-imunisasi atau KIPI kepada Komnas KIPI melalui puskesmas terdekat.



“Puskesmas sudah terlatih, akan dilakukan investigasi, anamnesis, dan rujukan ke RS untuk dikaji Pokja KIPI dan dikeluarkan rekomendasi berdasarkan bukti yang ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Piala Wali Kota Solo Dimulai, Ini Daftar Para Pemain Marquee Player

Piala Wali Kota Solo Dimulai, Ini Daftar Para Pemain Marquee Player
author
Abu Nadzib Jumat, 3 Mei 2024 - 21:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Aksi dua tim yang bertanding di Piala Wali Kota Solo antara Kecamatan Banjarsari (hitam) melawan Kecamatan Jebres (merah) di Lapangan Kottabarat, Solo, Rabu (1/5/2024) (IST/Askot Solo)

Solopos.com, SOLO — Turnamen sepak bola Piala Wali Kota Solo 2024 yang mempertemukan tim antarkecamatan se Kota Solo resmi digelar mulai Rabu (1/5/2024) lalu di Lapangan Kottabarat Solo.

Acara ini merupakan inisiasi dari Asosiasi Kota (Askot) PSSI Solo.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Piala Wali Kota Solo dibuka oleh Ketua Askot Solo, Arya Surendra, dengan menendang bola secara simbolis sebelum laga Kecamatan Pasar Kliwon melawan Kecamatan Banjarsari.

Lima kecamatan di Kota Solo, yaitu Banjarsari, Laweyan, Serengan dan Pasar Kliwon akan bersaing menjadi yang terbaik.

Koran Solopos

Durasi pertandingan di kompetisi ini adalah 40 menit kali dua babak.

Babak penyisihan akan berlangsung pada 1-10 Mei 2024. Setelah itu, babak play off berlangsung pada 13-17 Mei, dilanjutkan partai semifinal pada 21 Mei.

Sementara partai puncak digelar pada 24 Mei 2024. Seluruh pertandingan Piala Wali Kota 2024 rencananya akan berpusat di Lapangan Kottabarat. Sedangkan laga final akan diadakan di Stadion Manahan, Solo.

Emagazine Solopos

Setelah membuka acara, Ketua Askot Solo, Arya Suhendra mengatakan, turnamen ini tidak lepas dari dukungan warga masing-masing kecamatan di Kota Solo.

“Alhamdulillah, antusiasme sangat luar biasa baik dari sisi dukungan pihak Kecamatan dan dari warga masyarakat dengan semangat yang memberi dukungan pada tim sepak bola Kecamatan masing-masing,” kata Arya Surendra setelah pembukaan.

Pria yang akrab disapa Ryo ini menjelaskan, Piala Wali Kota ini adalah sebagai salah satu upaya Askot PSSI Kota Solo menyelenggarakan kompetisi sepak bola lokal yang sudah lama sekali tidak diselenggarakan.

Interaktif Solopos

“Semoga kompetisi ini memacu dan memicu serta memberi hal-hal yang positif untuk warga masyarakat Solo,” tandasnya.

Menariknya, Piala Wali Kota Solo 2024 ini juga yang pertama pemberlakuan marquee player.

Kehadiran marquee player ini, lanjut Arya Suhendra bisa menambah daya tarik turnamen ini.



“Kedua, dengan kualitas marquee player diharapkan para pemain asli Solo bisa belajar dari dan bekerja sama dengan para marquee player di dalam lapangan untuk meningkatkan performa masing-masing tim. Marquee player adalah pemain dari luar domisili kecamatan yang dibela,” tutup Rio.

Deretan nama yang cukup dikenal di sepak bola Tanah Air yakni Chandra Waskito (Persebaya Surabaya) dan M Isa (Nusantara United), sementara mantan pemain Persis Solo yang turun bertanding di antaranya Yanuar Ruspito, Bayu Andra dan Dedy “Codot” Cahyono Putro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Masa Tanggap Darurat Erupsi Gunung Ruang hingga 14 Mei 2024

Masa Tanggap Darurat Erupsi Gunung Ruang hingga 14 Mei 2024
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Jumat, 3 Mei 2024 - 21:06 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga menunggu kedatangan KRI Kakap-811 untuk mengungsi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024). Proses evakuasi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang terus dilakukan dengan melibatkan sejumlah armada kapal dari berbagai instansi dan jumlah warga yang diungsikan dari Pulau Tagulandang mencapai 3.792 orang.ANTARA FOTO/Andri Saputra/rwa.

Solopos.com, MANADO — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyebutkan masa tanggap darurat erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, hingga 14 Mei 2024.

“Kami sudah menerima SK Bupati Kepulauan Sitaro terkait tanggap darurat bencana erupsi Gunung Ruang diperpanjang dari 30 April 2024 hingga 14 Mei 2024,” kata Suharyanto di Manado, Jumat (3/5/2024).

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Oleh karena itu, kata dia, provinsi maupun kabupaten dan kota di sekitarnya yang ikut menjadi bagian dalam penanganan bencana secara keseluruhan juga mengikutinya.

Dia mengatakan, BNPB bisa masuk wilayah dan mengerahkan segala sumber daya pusat ke daerah ketika daerah sudah menetapkan status tanggap darurat.

Koran Solopos

“Status ini tidak ada kaitannya dengan kemampuan daerah. Saya sering katakan tidak ada seorang pemimpin di dunia ini yang bisa menghentikan terjadinya bencana. Jadi tidak ada kaitannya ketika menetapkan status seolah-olah tidak mampu begitu, tidak ada kaitannya,” katanya seperti diberitakan Antara.

Oleh karena itu, dia berharap para bupati atau wali kota di sekitar Kabupaten Kepulauan Sitaro sebagai daerah terdampak, daerah-daerah lainnya seperti di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, dan Kota Bitung juga menetapkan status tanggap darurat.

“Daerah-daerah tersebut kebetulan juga digunakan untuk membantu mengevakuasi dan menerima masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro yang terdampak erupsi Gunung Ruang,” katanya.

Emagazine Solopos

Suharyanto berharap Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey juga menetapkan status tanggap darurat untuk memaksimalkan penanganan pengungsi.

“Karena sudah lebih dari dua kabupaten/kota yang menetapkan status, provinsi bisa menetapkan status siaga darurat sehingga pengerahan sumber daya ini betul-betul bisa maksimal dan tidak dipertanyakan di kemudian hari ,” katanya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories