SOLOPOS.COM - Ilustrasi citra satelit China yang diduga serpihan pesawat Malaysia Airlines MH370. (Istimewa/CNN)

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Harapan ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH370 kembali suram setelah objek yang diduga pecahan pesawat tersebut di perairan selatan Vietnam, gagal ditelusuri. Pesawat dari Vietnam dan Malaysia yang dikirim ke titik tersebut, Kamis (13/3/2014), tidak menemukan pecahan atau serpihan apapun di tempat itu.

Sementara itu, India bergabung dalam pencarian MH370 dengan mengirim dua kapal perangnya di Laut Andaman dan Kepulauan Nicobar. Juru bicara militer India, Harmeet Singh, mengatakan pihaknya juga berencana mengirim pesawat ke Selat Malaka. “Pesawat penjaga pantai akan dikirim langsung ke Selat Malaka jika ada koordinat pasti lokasi pencarian,” kata  Harmeet Singh kepada CNN, Kamis.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah satelit China menemukan tiga objek di perairan perbatasan Vietnam-Malaysia, tepatnya di koordinat 105,63 bujur timur dan 6,7 lintang utara. Titik tersebut diketahui berada tidak jauh dari rute yang ditempuh pesawat MH370.

Objek itu berukuran cukup besar, yakni 13 m x 18 m, 14 m x 19 m, dan yang terbesar 24 m x 22 m. Sebagai pembanding, ukuran bentang sayap utuh Boeing 777-200ER mencapai 61 m dan panjang secara keseluruhannya mencapai 64 m.

Sebenarnya, penemuan ini sudah terjadi pada Minggu (9/3/2014) lalu, namun baru diumumkan hari ini. Untuk memperkuat informasi, agen China itu juga mengungkapkan koordinat ketiga objek tersebut berada di 105.63 bujur timur dan 6,7 lintang utara atau perairan selatan Vietnam (perbatasan Laut China Selatan dan Teluk Thailand).

Objek ini sempat diyakini menjadi temuan paling kuat yang terkait Malaysia Airlines MH370 mengingat lokasinya yang berada tepat di rute Kuala Lumpur Beijing. “Ini berada di lokasi yang diperkirakan,” kata Peter Goelz, mantan Managing Director National Transportation Safety Board kepada CNN.

Perlu dicatat, ini bukan kali pertama tim pencari menemukan objek yang diduga merupakan jejak MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014) lalu. Penemuan pertama adalah lapisan minyak di selatan perairan Vietnam seluas 35.000 mil persegi. Namun otoritas Malaysia akhirnya menyatakan minyak tersebut bukan berasal dari ceceran avtur MH370.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya