SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang milik Malaysia Airlines (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA–Hilangnya pesawat Malaysia Airlines di perairan selatan Vietnam, Sabtu (8/3/2014) masih menyisakan tanda tanya besar hingga kini.

Gabungan tim penyidik internasional terus melakukan penyisiran di area terakhir pesawat dengan kode penerbangan MH370 tersebut melakukan kontak radio.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Terlebih dengan ditemukannya kasus bahwa terdapat dua orang di penerbangan tersebut terbang dengan menggunakan paspor curian, membuat kasus ini kian heboh diberitakan. (Baca Juga: Pernyataan resmi Malaysia Airlines)

Berikut 10 misteri kecelakaan dan hilang kontaknya pesawat yang pernah terjadi sepanjang sejarah, yang dihimpun Redaksi Solopos.com dalam dua tulisan, Bagian I dan Bagian II:
1.  Amelia Earhart saat berusaha terbang mengelilingi dunia

Amelia Earhart (wikipiedia.org)

Amelia Earhart (wikipiedia.org)

1.  Amelia Earhart saat berusaha terbang mengelilingi dunia

Penerbang wanita pertama asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengalami hilang kontak pada tanggal 2 Juli 1937, saat dia dan navigatornya, Fred Noonan, tengah berupaya melakukan penerbangan penuh mengelilingi dunia.

Earhart yang juga dikenal sebagai penerbang solo wanita pertama yang melintasi Samudera Atlantik, dari AS menuju Eropa itu mengalami hilang kontak di dekat kepulauan Howland di bagian tengah samudera Pasifik.

Banyak spekulasi muncul terkait kasus tersebut, seperti dugaan bahwa Earhart ditembak jatuh oleh tentara Jepang karena dianggap sebagai mata-mata untuk presiden AS kala itu, Franklin D. Roosevelt, hingga teori penculikan oleh alien yang sempat dituangkan dalam salah satu episode serial Star Trek: Voyager di tahun 1995 silam.

2. Glenn Miller, seorang penerbang Air Force One

Glen Miller (wikipedia.org)

Glenn Miller (wikipedia.org)

2. Glenn Miller, seorang penerbang Air Force One

Salah seorang legenda dalam angkatan udara Kerajaan Inggris Raya, Glenn Milller, dikabarkan hilang kontak saat tengah dalam tugas dalam misi diplomatik dengan angakatan udara Prancis. Miller yang kala itu , 4 Desember 1944, sedang terbang menuju kota Paris, Prancis, diduga terkena salah satu serangan rudal bom NAZI yang ditembakkan dari kota Siegen di pesisir barat Jerman.

Insiden serangan bom yang dikenal dengan nama Bom Lanacaster tersebut setidaknya menjatuhkan sebanyak 100 ribu bom di sekitar selat Channel guna melumpuhkan Inggris dan Prancis yang kala itu menjadi dua musuh utama pasukan pimpinan Hitler di Eropa.

Namun, hal tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya, dan kasus hilangnya Glenn Miller masih menjadi tanda tanya hingga kini.

3.  Penerbangan 19 di kawasan Segitiga Bermuda

 ilustrasi (nasflmuseum.com)

ilustrasi (nasflmuseum.com)

3.  Penerbangan 19 di kawasan Segitiga Bermuda

Pada sore hari tanggal 5 Desember 1945, salah satu pesawat dalam sesi latihan angkatan laut AS putus kontak secara tiba-tiba dan menjadi awal dari kian terkenalnya legenda misterius yang menghantui kawasan Segitiga Bermuda.

Pesawat yang hilang tersebut merupakan bagian dari lima pesawat dalam misi latihan bertajuk Navy Avengers yang dipimpin oleh instruktur terbang Charles Taylor, terbang dari pangkalan angkatan laut di kota Fort Lauderbale, negara bagian Florida, AS.

Setelah satu setengah jam terbang di angkasa, pilot salah satu pesawat, yakni berkode penerbangan 19, melaporkan timnya mengalami kesulitan dalam menentukan antara langit dan laut karena mendadak terlihat sama.



Selain itu, penerbangan 19 itu juga melaporkan bahwa perangkat navigasinya, seperti kompas, berputar dengan tidak menentu arah. Pada akhirnya, penerbangan tersebut putus kontak dengan pihak kontrol udara di Florida sekitar pukul 17.30 waktu setempat, membawa serta 13 awak penerbang yang turut tidak diketahui nasibnya.
4. Misteri kode morse pada pesawat Star Dust

ilustrasi (wikipedia.org)

ilustrasi (wikipedia.org)

4. Misteri kode morse pada pesawat Star Dust

Salah satu pesawat milik British South American Airways (BSAA) atau maskapai penerbangan Inggris di kawasan Amerika Selatan, hilang dalam penerbangannya dari kota Buenos Aires, Argentina, menuju kota Santiago, Chile.

Pesawat yang dipiloti oleh Reginald Cook itu terbang dari kota Buenos Aires pada tanggal 2 Agustus 1947 pukul 13.46 waktu setempat.

Pesawat tersebut mendadak putus kontak di sekitaran pegunungan Andes setelah mengirimkan kode morse aneh yang dibaca menurut ejaan latin dengan bunyi “STENDEC”, di mana hingga kini belum diketahui apa makna dibaliknya.

Banyak teori bermunculan mengenai kasus ini, seperti salah satu yang terkenal adalah upaya sabotase peledakan pesawat karena diduga memuat dokumen penting pemerintahan kolonial Inggris kala itu.
5. Hilangnya pesawat Star Tiger di Segitiga Bermuda

(wikipedia.org)

ilustrasi (wikipedia.org)

5. Hilangnya pesawat Star Tiger di Segitiga Bermuda

Selain pesawat Star Dust, BSAA juga pernah mengalami kasus serupa pada salah armada pesawatnya, yakni pesawat berjuluk Star Tiger, yang hilang di perairan Segitiga Bermuda pada tanggal 30 Januari 1948.

Penerbangan tersebut membawa 25 penumpang, termasuk di dalamnya seorang legenda perang dunia kedua, Sir Arthur Coningham.

Penerbangan tersebut bersama dengan beberapa penerbangan lainnya tengah melakukan penerbangan selama 12 jam menuju daratan AS, dan dilaporkan dalam kondisi bahan bakar cukup serta tidak mengalami gangguan apapun, baik pada mesin maupun navigasi, meskipun sempat menghadapi cuaca buruk saat melintas di dekat batas Segitiga Bermuda.

Ironisnya, pesawat Star Tiger mendadak hilang dari radar dan mengalami putus kontak setelah beberapa saat melaporkan kondisinya baik-baik saja. Banyak spekulasi yang beredar hingga kini, dan salah satu yang paling dipercaya adalah kemungkinan terempas oleh badai yang terbentuk secara mendadak di perairan Segitiga Bermuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya