SOLOPOS.COM - Seorang perempuan membaca dinding berisi coretan harapan atas MH370 Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Sepang, Kuala Lumpur, Selasa (18/3/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/Samsul Said)

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Senin (24/3/2014), menyatakan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang selama lebih dari dua pekan ini dipastikan jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

Kepastian itu disampaikan berdasarkan analisis pindai satelit terbaru dari Inggris yang memperlihatkan bahwa Penerbangan MH370 dengan 239 penumpang itu kali terakhir terlihat di Samudera Hindia di sebelah barat Perth, Australia. “Lokasi ini terpencil, jauh dari tempat-tempat yang bisa dilandasi,” kata Najib sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara dari Reuters.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Lebih lanjut Najib memastikan seluruh penumpang pesawat itu dipastikan tak selamat. “Karena itu dengan kesedihan dan penyesalan yang mendalam, saya harus mengabarkan kepada Anda bahwa menurut data baru ini penerbangan MH370 berakhir di Samudera Hindia.”

Najib menambahkan bahwa keluarga orang-orang yang berada di pesawat nahas itu telah dikabari soal perkembangan terakhir. Pernyataan itu disampaikan Najib di saat sebuah kapal angkatan laut Australia sudah hampir menemukan kemungkinan puing-puing pesawat jet itu.

Benda-benda tersebut, yang digambarkan sebagai, “benda bundar berwarna abu-abu atau hijau” dan sebuah “benda persegi panjang berwarna oranye”. Benda-benda itu, menurut Perdana Menteri Australia Tony Abbott, terlihat Senin sore. Abbot menambahkan bahwa tiga pesawat juga sedang menuju wilayah itu.

Penerbangan MH370 menghilang dari layar radar sipil kurang dari satu jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014. Sejak itu, tidak ada laporan tentang keberadaan dan apa yang terjadi pada pesawat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya