SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Satelit China menemukan sebuah objek besar yang mengapung di koridor selatan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, Sabtu (22/3/2014). Penemuan ini memperkuat gambar dua objek yang ditemukan satelit milik Australia, Kamis (20/3/2014) lalu.

Objek tersebut berjarak sekitar 1.400 km dari barat daya kota Perth, Australia selatan, atau tidak begitu jauh dari dua objek yang terpantau satelit Australia. Menurut keterangan Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, objek itu memiliki panjang 22,5 meter dan lebar 13 meter.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hishammudin mengatakan informasi tersebut baru saja dia dapatkan sore ini dan informasi detail temuan itu baru akan diumumkan pemerintah China beberapa jam kemudian. Tentu saja belum ada kepastian apakah temuan baru ini terkait dengan pesawat MH370 yang hilang sejak dua pekan lalu.

Sementara itu, pencarian pesawat MH370 terus dilakukan hari ini oleh tim dari sejumlah negara. Pencarian difokuskan di selatan Samudera Hindia dengan tambahan beberapa pesawat dan kapal yang dikirim ke kawasan terpencil itu. Setidaknya, ada enam pesawat pencari bergabung dalam pencarian, termasuk di antaranya dua jet pribadi.

Meskipun jet pribadi tersebut tidak punya perlengkapan radar, keterlibatan mereka dinilai penting dalam pencarian. “Ini seperti sepasang mata yang akan mengidentifikasi sesuatu yang mengapung di lautan,” kata Deputi PM Australia, Warren Truss, Sabtu, seperti dikutip dari CNN.

Habibie: Mungkin Pesawat Meledak

Meski demikian, belum ada sesuatu yang ditemukan kedua pesawat pribadi tersebut di selatan Samudera Hindia hari ini. Sementara itu, pakar penerbangan Indonesia yang juga mantan Menristek dan Presiden Ketiga RI, B.J. Habibie, memperkirakan pesawat itu bisa meledak di ketinggian sekitar 10 km. Kata Habibie, seperti disiarkan Metro TV, Sabtu, pecahan pesawat akan terlempar ke berbagai arah.

Pencarian hari ini terus dilakukan dan area pencarian telah diperluas hingga 50%. “Operasi pencarian terus dilakukan, dan hari ini tim pencari akan mencari di wilayah seluas 10.500 mil laut persegi,” kata Warren Truss.

China mengirimkan dua pesawat yang telah tiba di Australia dan dua kapal yang sedang menuju selatan Samudera Hindia. Selain itu, dua pesawat India, yaitu sebuah P-8 Poseidon dan satu C-130 Hercules, tida di Malaysia dan siap berangkat ke perairan di sebelah barat daya Australia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya