SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang milik maskapai Malaysia Airlines (wikipedia.org)

Solopos.com, KUALA LUMPUR–Usaha pencarian dan penyelamatan internasional sejauh ini belum menemukan tanda-tanda puing-puing dari pesawat penumpang Malaysia Airlines yang hilang misterius dua hari lalu, kata petugas, Senin.

“Bapak dan ibu sekalian, sayang sekali sejauh ini kami belum menemukan puing-puing atau bahkan pesawat tersebut,” kata Kepala Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman seperti dilansir Antara, Senin (10/3/2014).

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Ketiadaan petunjuk mengenai musibah yang menimpa pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan M370, membuat Azharuddin hanya menjawab sedikit pertanyaan yang diajukan dalam jumpa pers mengenai musibah yang menimpa pesawat tersebut.

Pesawat tersebut menghilang pada Sabtu beserta 239 orang di dalamnya. Tidak ada tanda-tanda kerusakan yang dikirim, kata pihak berwenang.

“Kami menyadari bahwa Anda mengharapkan jawaban dari kami, kami juga mempunyai keinginan seperti Anda,” katanya.

Pihak berwenang di Vietnam sebelumnya mengatakan dua benda mengapung terlihat dari pantauan udara pada Minggu di wilayah sekitar 80 km lepas pantai pulau Tho Chu.

Namun Azharuddin mengatakan bahwa pihak Vietnam belum memastikan ke Malaysia apakah benda yang terlihat itu adalah puing-puing pesawat.

“Ada banyak benda yang telah kami lihat, tetapi sejauh ini tidak satupun merupakan bagian dari pesawat terbang,” katanya.

Azharuddin juga membenarkan laporan yang menyebut bahwa lima orang yang membeli tiket dan sudah memasukkan barang, tetapi tidak ikut terbang.

Ia mengatakan bahwa pihak penerbangan sudah mengeluarkan barang-barang mereka ketika mengetahui bahwa orang-orang tersebut tidak naik ke pesawat, sesuai dengan aturan penerbangan.

“Kami mengeluarkan barang bagasi dari penumpang yang tidak naik … demikian pula dalam penerbangan ini,” katanya.

Menurutnya, pihak berwenang masih menunggu hasil analisa contoh dari tumpahan minyak di laut guna menentukan apakah minyak tersebut berasal dari pesawat terbang.

Petugas lain menambahkan bahwa hasilnya diperkirakan keluar pada Senin siang.

“Kami meninjau dari berbegai sudut. Kami melihat semua aspek yang mungkin terjadi.”

“Sekali lagi, kami harus menemukan bukti nyata… kami harus menemukan pesawat terbangnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya