SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang milik Malaysia Airlines (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—Memasuki hari ketiga hilangnya pesawat Malaysia Airlines, hingga kini belum juga diketahui secara pasti dimana lokasi pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu.

Bahkan, banyak misteri yang muncul belakangan setelah terungkap beberapa fakta dari pesawat yang membawa sebanyak 239 penumpang itu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pesawat  Boeing 777-200ER itu, terbang dengan rute Kuala Lumpur-Beijing China. Saat ini, sebanyak sembilan negara sedang melakukan pencarian di perairan Vietnam yang diduga menjadi lokasi hilangnya pesawat tersebut.

1. Hilang kontak

Pesawat terbang pada Sabtu pukul 12.21am dari Kuala Lumpur, menuju Beijing, dengan perkiraan mendarat pukul  6.30am. Ada sebanyak 227 penumpang dan 12 kru.

Pesawat mulai kehilangan kontak sekitar satu hingga dua jam setelah terbang, atau sekitar 120 mil di lepas pantai timur kota Malaysia Kota Bharu.

Pilot pesawat itu mengirim sinyal tidak ada masalah dalam penerbangan, dan kondisi cuaca cerah pada saat itu. Mereka terbang dengan ketinggian 35.000 kaki.

2. Penumpang Misterius

Berdasarkan data manifes, ada sebanyak 227 penumpang yang diangkut pesawat tersebut, dimana 154 orang berasal dari China dan Taiwan, 38 Malaysia, tujuh dari Indonsia, enam orang dari Australia, lima India, empat dari Prancis, dan tiga warga negara Amerika.

Namun, belakangan muncul kabar jika dua dari penumpang yakni Christian Kozel dari Austria Luigi Maraldi dari Italia, tidak ada dalam pesawat. Keduanya mengaku paspornya dicuri di Thailand dua tahun lalu.

3. Perubahan rute

Hari Minggu kemarin, muncul pernyataan jika berdasarkan pantauan radar diduga pesawat berusaha balik arah sebelum menghilang. Karena itu, lokasi pencarian dilakukan lebih meluas, di kedua sisi semenanjung Malaysia.

Hari ini, pihak berwenang mengatakan mereka memperluas daerah pencarian di Laut Cina Selatan, dan mereka akan terus mencari tanah dan air di semenanjung Malaysia.

4 . Belum ada bangkai dan puing pesawat yang ditemukan

Meskipun banyak laporan menyebutkan minyak dan puing-puing yang terlihat di laut oleh tim pencari, peneliti mengatakan belum ada penemuan yang dihubungkan ke pesawat tersebut.

Sebuah pesawat Vietnam melihat sebuah “benda kuning mengapung” yang sebelumnya diduga adalah pelampung dari pesawat tersebut. Namun, setelah diselidiki ternyata benda tersebut bukanlah milik pesawat MH370.

Penampakan tumpahan minyak yang ada di perairan laut juga terbukti bukan berasal dari bahan bakar jet, setelah dilakukan tes.

Senin sore  kemarin, juga ditemukan adanya puing-puing di timur Saigon, namun hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai temuan tersebut.

5 . Kemungkinan Terorisme

Pihak berwenang mengatakan mereka melihat semua kemungkinan apa yang terjadi pada MH370 , namun mereka tidak mengesampingkan pembajakan sebagai penyebab hilangnya. PESAWAT MALAYSIA HILANG: Antara Serangan Teroris dan Sindikat Narkoba

Kepala penerbangan sipil Malaysia Rahman mengatakan nasib pesawat itu masih misterius dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya