SOLOPOS.COM - CHARLIE -- Pesawat latih dasar T-34 Charlie seperti ini yang jatuh di wilayah Magelang, Jumat (6/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/dok)

CHARLIE -- Pesawat latih dasar T-34 Charlie seperti ini yang jatuh di wilayah Magelang, Jumat (6/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/dok)

MAGELANG – Sebuah pesawat latih dasar T-34 Charlie TNI AU jatuh di Desa Jetis, Kedungsari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, sekitar 25 meter dari Sungai Progo. Kecelakaan ini menewaskan pilotnya, Kapten Pnb Ali Mustofa, 30.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Komandan Wing Pendidikan Terbang TNI AU Lanud Adisutjipto Kol Pnb M Khairil Lubis di lokasi jatuhnya pesawat latih, Jumat (6/1/2012) mengatakan pesawat itu dalam kondisi baik untuk terbang. Pesawat latih bernomor LD 3417 itu berangkat dari Lanud Adisutjipto sekitar pukul 10.01 WIB untuk latihan rutin.

“Pihak TNI masih akan menyelidiki jatuhnya pesawat latih ini, dan untuk sementara waktu semua pesawat latih tidak terbang untuk diteliti,” kata Syafii. Dia mengatakan timnya akan segera mengevakuasi serpihan pesawat buatan tahun 1970 tersebut.

Koordinator Basarnas, Prabowo, di lokasi mengatakan pesawat milik TNI AU Lanud Adisujipto itu baru selesai diservis dan hari ini Kapten Ali Mustofa melakukan uji coba terbang. Dari lokasi jatuhnya pesawat, lanjutnya, di temukan serpihan pesawat antara lain sayap dan bagian belakang ada di dua tempat di pinggir sawah, dan bagian kokpit ada di pekarangan.

Anggota Polsek Bandungan Brigadir Doni yang mengevakuasi pilot dari lokasi mengatakan korban ditemukan di dalam kokpit dan untuk mengeluarkan jenazah harus membedah bagian tersebut. Dia mengatakan jenazah baru bisa dievakuasi sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung dibawa ke RST Magelang. Sementara di lokasi jatuhnya pesawat sudah dipasang garis polisi untuk memudahkan aparat mengumpulkan data-data. Hingga kini warga terus berdatangan ke lokasi jatuhnya pesawat latih untuk menyaksikan lebih dekat.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya