SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan seragam Kostrad (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi)

Pesawat Hercules jatuh di Medan dan menimpa kawasan ruko.

Solopos.com, DEPOK – Presiden Joko Widodo menginstruksikan investigasi mendalam terkait kecelakaan jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatra Utara.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Presiden pun menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga atas gugurnya putra terbaik TNI AU dalam musibah itu.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kekuatan,” katanya seusai menjadi inspektur upacara HUT Ke-69 Bhayangkara di Mako Kelapa Dua Depok Jawa Barat, Rabu (1/7/2015).

Menurut Presiden, evakuasi korban kecelakaan pesawat Hercules telah dilakukan. Ia juga telah memerintahkan jajaran terkait segera melakukan investigasi yang mendalam soal penyebab kecelakaan.

“Saya juga perintahkan kepada Menhan dan Panglima TNI untuk melakukan perombakan yang mendasar tentang manajemen alutsista TNI dan selanjutnya sistem pengadaan alutsista juga harus diubah,” ujarnya.

Jokowi menambahkan tidak boleh lagi hanya membeli senjata tetapi bergeser ke modernisasi sistem persenjataan. Oleh karena itu industri pertahanan dalam negeri harus terlibat mulai dari rancang bangun, produksi, operasional, latihan pemeliharaan hingga pemusnahan alutsita yang sudah tua.

Dalam kesempatan itu Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Upacara HUT Bhayangkara juga diwarnai penyematan pita hitam dan pengibaran bendera merah putih setengah tiang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya