SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Airasia (JIBI/Solopos/Dok.)

Pesawat Airasia ditemukan di Selat Karimata. Ditemukannya ekor pesawat sekaligus menjadi titik terang penemuan black box.

Solopos.com, JAKARTA – Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional SB Supriyadi mengungkapkan ekor pesawat Airasia QZ 8501 telah ditemukan, lokasi kotak hitam (black box) pun juga telah terdeteksi yang kini tengah dibuktikan dengan robotik kamera bawah laut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Titik koordinat dan kapal apa yang mendeteksi ekor pesawat itu, saya tidak tahu, karena langsung dilaporkan ke Pusat. Informasinya saat ini sedang dalam proses memastikan,” kata Supriyadi terkait penemuan ekor pesawat Airasia di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Rabu (7/1/2015) siang.

Dilansir Antara, Rabu (7/1/2015), Supriyadi menjelaskan apabila deteksi ekor pesawat Airasia tersebut benar, maka tindakan selanjutnya dilakukan penyelaman untuk besar objek dan langkah-langkah mengangkat dari dasar laut yang ditemukan.

Langkah yang paling utama menurut jenderal bintang satu ini adalah mengangkat kotak hitam dan recorder pesawat Airasia sebagai bahan investigasi penyebab jatuhnya.

“Mengenai benda yang berhasil ditemukan dan diangkut tersebut nantinya diserahkan ke KNKT. Jadi, lokasi nantinya puing-puing itu apakah di Pangkalan Bun atau Surabaya tergantung KNKT. Tapi kemungkinan besar dibawa ke Jakarta,” jelasnya.

Direktur Basarnas itu mengatakan hingga hari ke-11 pencarian, telah ditemukan 41 jenazah, dan 39 di antaranya telah dibawa ke Surabaya.

Dia memprediksi 50 persen penumpang Airasia masih berada di badan pesawat, sehingga tidak hanya ekor yang menjadi prioritas melainkan badan pesawat.

“Dua jenazah terbaru ditemukan nelayan yang beraktivitas di laut Kalimantan. Super Puma milik TNI Angkatan Udara sedang melakukan penjemputan,”  ujar Supriyadi terkait upaya penemuan black box pesawat Airasia yang kini belum ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya