SOLOPOS.COM - Black box dalam akuarium (detik.com)

Pesawat Airasia ditemukan dan kabar penemuan terkait instrumen pesawat lainnya terus dinanti.

Solopos.com, JAKARTA – Kotak hitam atau black box telah berhasil ditemukan Senin (12/1/2015). Sesaat setelah ditemukan, kotak hitam tersebut diletakkan di dalam akuarium.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seluruh tim search and rescue (SAR), terus berupaya untuk menemukan seluruh bagian pesawat Airasia.

Sebagaimana dilansir Liputan6, Senin (12/1/2015), black box ditempatkan dalam akuarium dengan air tawar untuk menetralkan air garam dari laut. Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Nurcahyo Utomo, mengungkapkan penangangan black box harus khusus dan tidak boleh bersinggungan dengan udara, karena akan membuat black box berkarat.

Dilansir Detik, Selasa (13/1/2015), Investigator KNKT dibantu tenaga ahli dari Prancis pada Senin, membersihkan black box, setelah kotak hitam direndam dalam akuarium.

Salah satu Investigator KNKT, Santoso Sayogo, mengungkapkan, proses pembersihan black box membutuhkan waktu lama dengan alat-alat khusus. Namun begitu, Santoso menyatakan black box dalam keadaan baik.

Saat ini, flight data recorder (FDR) dalam persiapan pengunggahan data dan Berdasarkan pantauan Solopos.com, pada Ruang Kita TV One, Selasa ini pukul 14.17 WIB, tim SAR masih akan terus melanjutkan pencarian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya