SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengunjungi Pasar Klewer Solo, Rabu (11/3/2020). (Solopos/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, JAKARTA—Pada Peringatan Hari Santri Nasional 2022, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya santri untuk dapat memberikan kontribusi dari segala aspek untuk memajukan bangsa.

“Siapkan mental dan ilmu untuk berjuang. Seorang santri harus bisa berkontribusi dalam aspek apa saja,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat melakukan dialog dengan Restu Damira Nayla, seorang santri difabel asal Jakarta, pada acara Peluncuran Beasiswa Santri Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Memperingati Hari Santri 2022, di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dialog itu dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (22/10/2022). Menurut Wapres, santri harus mampu memberikan manfaat di segala kondisi dan tempat mereka berada.

Baca Juga Kabar Gembira, Bantuan Subsidi Upah Rp600.000 akan Cair

“Istilah saya itu, kalau dibuang di laut harus jadi pulau, kalau dibuang di darat harus jadi gunung. Jadi, di mana saja ditempatkan harus memberikan manfaat,” imbuhnya.

Selain pentingnya ilmu membaca, sambung wapres, seorang santri juga harus memiliki kemampuan meneliti atau melakukan riset terhadap segala peristiwa yang terjadi di masyarakat. Lebih jauh, wapres menyebutkan bahwa ilmu dan doa merupakan modal yang dimiliki santri untuk berkontribusi dalam memajukan bangsa.

Walhasil, wapres berpesan kepada para santri untuk selalu minta doa kepada para guru, para kiai, serta mengamalkan ilmu. Wapres juga berdialog secara virtual dengan Muhammad Husni Mubarok, santri asal Sumatra Selatan dan berpesan agar para santri dapat meneruskan perjuangan belajar untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Baca Juga Minggu Ini Cair! Begini Cara Cek BSU Rp600.000 Lewat HP

“Ketika ilmu nambah, justru menambah rasa bodoh. Kok banyak yang tidak saya ketahui ini? Karena itu, mencari ilmu terus saja. Insya Allah saya doakan kalian semua di pesantren mendapat ilmu yang bermanfaat dan akan membawa maslahat kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkas Wapres.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Baznas Noor Achmad, Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, serta Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Hari Santri Nasional 2022, Ini Pesan Wapres kepada Para Santri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya