SOLOPOS.COM - Pedagang beras di Pasar Gading, Solo, Selasa (3/3/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Pertumbuhan ekonomi, kenaikan harga beras dan bensin mengerek angka inflasi Jogja sebesar 0,15%

Harianjogja.com, JOGJA—Kenaikan harga sejumlah komoditas selama Maret menjadi penyebab terjadinya inflasi Kota Jogja sebesar 0,15%.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), perkembangan harga berbagai komoditas selama Maret 2015 menunjukkan adanya kenaikan. Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga menyumbang terjadinya inflasi di antaranya, beras dan bensin naik 4,01% dan 4,21% dengan masing-masing memberikan andil 0,15%.

Begitu juga dengan komoditas bawang merah naik 43,97% memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,13%. Rokok kretek filter naik 2,84% dan memberikan andil sebesar 0,04%. Kenaikan bahan bakar rumah tangga, daging sapi, sewa rumah, sepeda motor, mobil masing-masing memberikan andil sebesar 0,01%.

Menurut Kepala BPS DIY, Bambang Kristianto, inflasi di Jogja terjadi akibat kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari posisi 116,52 pada Februari menjadi 116,69 pada Maret. Dia menyebutkan, terdapat empat kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan IHK. Kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau mengalami kenaikan 0,53%, kelompok sandang naik 0,43%, kelompok kesehatan naik sebesar 0,21% dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan naik sebesar 0,60%.

Komoditas yang menghambat laju inflasi adalah daging dan telur ayam ras. Cabai merah, tarif kereta api dan wortel turut menghambat laju inflasi. “Komoditas tersebut mengalami penurunan harga sehingga inflasi bisa ditekan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya