SOLOPOS.COM - Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok Solopos)

Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Aparat kepolisian menerjunkan 600 personel guna mengamankan pertandingan Timnas Senior melawan Timnas U-23 di Stadion Manahan, hari ini,  Kamis (18/8/2011).

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

200 Personel yang diterjunkan berupa Poliwi Wanita (Polwan).  Menurut Kapolresta Solo, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo selama ini jajarannya sudah melakukan mapping lokasi di Stadion Manahan, terkait lokasi antrian penjualan tiket serta beberapa lokasi pintu masuk. Dua lokasi tersebut akan dijaga ekstra ketat oleh petugas yang berjaga.

Setiap penonton yang akan masuk ke stadiun bakal diperiksa badan. Barang-barang bawaan yang dilarang untuk masuk, seperti mercon akan disita petugas untuk kepentingan keamanan.  “Hari pertama pertandingan Timnas (lawan U-23 –red), jumlah anggota ada 600 personel. Kemudian, hari kedua Timnas (lawan Palestina –red) ada 800 personel. Polwan juga kami ikut sertakan karena ada kemungkinan suporter dari kalangan wanita juga nantinya,” tegasnya saat ditemui wartawan di Rutan Kelas I Solo, Rabu (17/8/2011).

Lebih lanjut dia mengatakan, antusiasme warga Solo untuk menyaksikan pertandingan Timnas diprediksi cukup tinggi. Tak mengherankan, kalau jumlah penonton nantinya membludak. Untuk itu, sebelum pertandingan dimulai, aparat kepolisian perlu melakukan sterilisasi lokasi.

“Tentunya, sterilisasi kami lakukan. Prinsipnya, kami siap mengamankan pertandingan nanti. Setiap personel akan fokus mengamankan di pintu masuk, antrian tiket ataupun layar raksasa yang akan dipasang panitia,” katanya.

Disinggung tentang pengamanan suporter yang datang dari luar Kota Solo, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo tidak terlalu merisaukan hal tersebut. Pasalnya, kedatangan suporter dari berbaai penjuru di tanah air sudah dikoordinasikan jauh-jauh hari. Diharapkan, melalui koordinasi yang baik, masing-masing suporter dapat menjaga kondusivitas selama pertandingan berlangsung.

“Kami juga dengar ada dari Bonek yang jumlahnya 100-200 orang. Sepertinya sudah ada komitmen di antara suporter sendiri. Kami akan selalu mengawasi dan tak segan mengambil tindakan tegas nantinya,” katanya.

(pso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya