SOLOPOS.COM - BERSAMA WARGA -- Direktur Utama Pertamina, Karena Agustiawan (duduk, keempat dari kiri) memangku anak warga wilayah di lereng Merapi di sela-sela kegiatan penanaman pohon penghijauan di Sleman, Kamis (8/12/2011). (JIBI/Harian Jogja/Antonius Adi Prabowo)

BERSAMA WARGA -- Direktur Utama Pertamina, Karena Agustiawan (duduk, keempat dari kiri) memangku anak warga wilayah di lereng Merapi di sela-sela kegiatan penanaman pohon penghijauan di Sleman, Kamis (8/12/2011). (JIBI/Harian Jogja/Antonius Adi Prabowo)

Sleman (Solopos.com) – PT Pertamina melakukan penanaman 28.000 pohon di kawasan lereng Merapi. Penanaman ini secara simbolis oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan bersama Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX dan Bupati Sleman Sri Purnomo.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Bibit tersebut akan disebarkan di beberapa wilayah sekitar Gunung Merapi. Yakni 25.000 bibit tanaman keras ditanam Dusun Petung Kepuharjo Cangkringan bekerjasama dengan Paguyuban Budi Asih di bawah binaan Kopassus. Sementara 3.200 pohon buah merupakan buah yang merupakan tanaman produktif ditanam di wilayah Kinahrejo sebagai upaya Pertamina mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pasca bencana.

“Program penanaman pohon ini berada di sekitar daerah terdampak bencana Merapi, sebagai bentuk upaya Pertamina dalam mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pasca bencana. Kegiatan ini seiring dengan rencana Pemda setempat yang akan mengembangkan Kinahrejo sebagai daerah Agroisata buah,” kata Karen di selter Kuwang, Argomulyo, Cangkringan, Kamis (8/12/2011).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian HUT Pertamina yang ditandai dengan pencanangan Pertamina Sobat Bumi yang berorientasi pada percepatan perbaikan lingkungan serta berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon dengan kegiatan Menabung 100 Juta Pohon.

Program menabung 100 juta pohon dicanangkan Pertamina dalam jangka waktu lima tahun ke depan dari 2011-2015. Diawali penanaman 50.000 pohon di Area Pertamina Geothermal Kamojang Jawa Barat pada 1 Desember 2011. Selanjutnya diikuti dengan penanaman 54.000 pohon bakau di hutan Angke Jakarta Pada 10 Desember 2011.

Selain dukungan untuk kegiatan menabung 100 juta pohon, Pertamina juga berkontribusi dalam pembangunan dan program pembinaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Patra Belia, menyediakan taman bacaan sebagai upaya dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

JIBI/Harian Jogja/aan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya