SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof Wan saat kukuhkan wisudawan nonmuslim pertama, Sabtu (13/05/2023). (Istimewa/Laman Resmi UIN RIL)

Solopos.com, BANDAR LAMPUNG — Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) untuk kali pertama meluluskan wisudawan non muslim, seorang doktor dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Doktor Pascasarjana.

Dr. Donald Harris Sihotang dikukuhkan menjadi doktor nonmuslim pertama UIN RIL. Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin Z. menyebut hal ini membuktikan jika UIN RIL merupakan perguruan tinggi Islam yang inklusif dan terbuka.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Wisuda tersebut diselenggarakan sepenuhnya secara luring di GSG dan disiarkan secara live di Youtube UIN RIL.

“Ini adalah untuk pertama kalinya UIN RIL meluluskan wisudawan dari kalangan non muslim. Selamat, Anda menjadi bukti bahwa UIN RIL adalah perguruan tinggi Islam yang inklusif, terbuka kepada siapa saja pencinta ilmu tanpa memandang latar belakang suku bangsa dan sebagainya,” kata Wan Jamaluddin dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Periode II Tahun 2023, Sabtu (13/05/2023), mengutip laman resminya.

Prof Wan, sapaan akrabnya, melanjutkan, peristiwa ini menunjukkan bahwa secara keilmuan ilmu pengetahuan yang dipelajari dan dikembangkan di UIN RIL memiliki universalitas sebagaimana nilai keilmuan pada umumnya.

“Dengan kata lain keilmuan di UIN RIL tidaklah eksklusif melainkan dapat dipelajari oleh siapapun yang berniat mempelajarinya,” tutur Prof Wan.

Seluruh wisudawan, tambahnya, adalah orang-orang terpelajar, baik sebagai sarjana, magister, atau doktor. Karena itu, kata dia, mereka harus menggunakan posisi terhormat tersebut dengan sebaiknya, sesuai kemampuan dan keahlian di bidang masing-masing.

“Alumni UIN RIL harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya. Alumni harus menumbuhkan kebaikan, memberikan contoh teladan, dan aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi,” pesannya.

Wisuda Periode II Tahun 2023 mewisuda 800 peserta. Terdiri dari 759 wisudawan Sarjana (S1), 36 wisudawan Magister (S2) dan 5 wisudawan program Doktor (S3). Semua wisudawan itu berasal dari 38 prodi di lingkungan UIN RIL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya