SOLOPOS.COM - Ilustrasi (www.uns.ac.id)

Ilustrasi (www.uns.ac.id)

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menempati peringkat ketujuh dalam hasil perangkingan yang digelar situs 4 International Colleges & Universities (4ICU). UNS lebih unggul dibandingkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS, mengungkapkan pada awal tahun ini 4ICU mengeluarkan hasil perangkingan berdasarkan tiga mesin pengindeks yakni Google, Alexa dan Majestic SEO Referring Domains. Lembaga ini merangking lebih dari 11.000 perguruan tinggi yang tersebar di 200 negara.

Terkait hasil perangkingan ini, posisi UNS meningkat dibandingkan tahun lalu yakni dari rangking 12 menjadi peringkat tujuh. “Peringkat yang disusun 4ICU.org berdasarkan popularitas website di tiap perguruan tinggi artinya semakin banyak orang yang mengakses maka peringkatnya makin meningkat,” jelas dia saat jumpa pers di Rektorat UNS, Senin (6/2/2012).

Selain hasil perangkingan ini, Ravik mengatakan berdasarkan Webomatrics di tingkat dunia peringkat UNS juga meningkat dari posisi 1.361 menjadi 1.186. Hal ini disebabkan karena UNS mengalami peningkatan di dua aspek penilaian yakni size dan visibility. Dia mengatakan posisi ini dapat diperoleh lantaran banyak aktivitas yang dilakukan civitas UNS secara online melalui blog atau situs resmi UNS.

“Untuk meningkatkan peringkat ini kami akan mengajak dosen dan mahasiswa agar lebih aktif memanfaatkan blog maupun website,” jelas dia.

Lebih lanjut diungkapkan Ravik, per Agustus mendatang pihaknya akan mewajibkan mahasiswa untuk menyusun karya tulis ilmiah. Dengan aktivitas ini diharapkan bisa meningkatkan popularitas UNS di dunia. Ravik mengatakan berdasarkan hasil Webomatrics antar universitas di tingkat Indonesia, UNS juga menempati peringkat tujuh. UNS lebih unggul dibandingkan Universitas Gunadarma dan Universitas Diponegoro yang menempati urutan di bawahnya. “Kami akan memberikan inseentif ke masing-masing program studi terkait program karya tulis ilmiah ini senilai Rp 5 juta, harapannya makin banyak karya mahasiswa yang bisa diunggah,” jelasnya.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani

Peringkat Universitas Menurut 4ICU

1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Indonesia
3. Universitas Gadjah Mada
4. Universitas Gunadarma
5. Universitas Pendidikan Indonesia
6. Universitas Diponegoro
7. Universitas Sebelas Maret
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
9. Universitas Airlangga
10. Institut Pertanian Bogor

Tautan ke 4ICU:
http://www.4icu.org/id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya