SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktif berolahraga. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menyemarakkan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Baik dengan mengikuti berbagai pertandingan olahraga yang umumnya diselenggarakan untuk memperingati Haornas atau sekadar membulatkan tekad dan niat untuk rajin berolahraga.

Ya, hal tersebut tampaknya mudah, namun justru bisa menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan. Lantas, bagaimana caranya untuk memulai gaya hidup sehat dengan membiasakan diri berolahraga? Solopos.com akan membagikan tips untuk Anda, dilansir oleh berbagai sumber.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

1. Meluruskan tujuan berolahraga

Dilansir oleh laman sampoernauniversity.ac.id, Jumat (8/9/2023), hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meluruskan niat dan menetapkan tujuan mengapa Anda ingin berolahraga.

Pastikan alasan yang tepat menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda sendiri. Apakah Anda berolahraga untuk menambah kekuatan otot, mengurangi berat badan, mengurangi stres atau sesederhana untuk menjaga kebugaran fisik.

Jika Anda sudah mengetahui tujuan utama mengapa harus berolahraga, pastikan hal tersebut dapat menjadi motivasi sehingga Anda dapat lebih konsisten dalam berolahraga.

2. Mengatur jadwal olahraga

Ada banyak faktor yang membuat kebiasaan olahraga sulit untuk dilakukan. Barangkali Anda terlalu sibuk bekerja atau melakukan aktivitas harian lainnya.

Untuk itu, tetapkan jadwal olahraga dengan menyiapkan waktu khusus untuk berolahraga. Bisa di pagi hari sebelum bekerja atau setelah Anda pulang bekerja. Hari libur juga bisa menjadi opsi untuk Anda berolahraga.

3. Memilih jenis olahraga sesuai dengan kegemaran

Salah satu yang membuat hal menjadi terasa menyenangkan adalah dengan melakukan kegiatan yang Anda gemari. Hal tersebut juga berlaku untuk olahraga. Apakah Anda suka bersepeda, joging, berenang, futsal, ataupun yang lainnya.

Dengan memilih jenis olahraga sesuai dengan apa yang Anda gemari, maka olahraga tidak akan terasa berat.

4. Bergabung dengan komunitas olahraga

Melakukan olahraga sendirian bisa terasa membosankan bagi sebagian orang. Nah, untuk itu Anda bisa mulai bergabung dengan komunitas olahraga, misalnya saja kelompok senam, kelompok lari, maupun yang lainnya.

Selain tidak akan bosan, Anda juga bisa mendapatkan support system dan motivasi lebih dari orang-orang dengan kegemaran yang sama sehingga olahraga menjadi terasa menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya