SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Perbankan nasional masih terhambat akses ke daerah terpencil.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Teras Kapal BRI yang melayani wilayah di Kepulauan Seribu. Ini menjadi terobosan dalam memberikan layanan bank terapung di daerah terpencil.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Presiden Jokowi mengharapkan program yang sama diperbanyak karena dua per tiga negara Indonesia berupa perairan dan memiliki lebih dari 17.000.

“Saya harapkan BRI tidak hanya siapkan satu tetapi bisa ribuan kapal yang bisa melayani pulau-pulau terpencil, wilayah perbatasan, pesisir Indonesia Timur sehingga masyarakat bisa terlayani perbankan,” kata Jokowi di Pelabuhan Kali Adem Pluit Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015).

Presiden Jokowi pun mengapresiasi usaha kreatif dan inovasi yang dilakukan BRI karena Indonesia sebagai negara kepulauan tentu harus berhubungan antarpulau. Selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum dilayani perbankan karena keterbatasan akses.

“Saya akan terus mendorong perbankan lain melakukan inovasi layanan daerah yang belum tersentuh terutama wilayah pulau terluar dan daerah perbatasan,” jelasnya.

Layanan dunia perbankan, kata Presiden juga membantu pemerintah mempercepat pemerataan seluruh Tanah Air. Pemerintah, menurutnya akan mendukung terobosan perbankan menjangkau kepulauan sekaligus mendorong industri kapal dalam negeri terus berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya