SOLOPOS.COM - Peluncuran buku saat HUT ke-39 Universitas Terbuka (UT), pada Senin (4/9/2023).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dengan tema Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju, Universitas Terbuka (UT) merayakan hari jadinya yang ke-39 tahun, pada Senin (4/9/2023).

Kepala Subdit Pemasaran dan Kerja Sama Universitas Terbuka, Dr. Maya Maria, S.E., M.M mengatakan sebagai Perguruan Tinggi Negeri pelopor sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, UT terus berbenah agar tetap menjadi pionir dan makin kokoh dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

“UT tidak hanya jadi yang pertama, tetapi juga selalu menjadi yang terbaik dalam pengembangan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di Indonesia. UT terus melebarkan sayapnya berperan serta membantu perguruan tinggi lain yang merasakan dampak besar sistem perkuliahan tatap muka akibat pandemi,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Maya Maria menjelaskan, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-39 UT, telah dimulai sejak 30 Mei 2023. Kegiatan yang melibatkan seluruh civitas akademika termasuk para mahasiswa dan seluruh pegawai, turut berpartisipasi dalam kegiatan lomba-lomba di Disporseni Nasional, serta kegiatan lain seperti pelaksanaan seminar hingga pengukuhan guru besar.

Kegiatan tersebut untuk menyambut acara puncak Dies Natalis yang diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dan  dihadiri Wali kota Tangerang, para pimpinan UT, ketua senat, dan seluruh pegawai UT Pusat.

Seluruh pegawai UT Daerah, mahasiswa UT, peserta Disporseni Nasional UT 2023, dan masyarakat umum juga dapat mengikuti acara puncak melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube UT-TV pada https://sl.ut.ac.id/acarapuncak39-UTTV.

Acara puncak Dies ke-39 UT di UTCC juga dihadiri oleh para rektor UT terdahulu antara lain Prof. Dr. Bambang Sutjiatmo (Rektor ke-3 UT Periode 1996-2001); Prof. Atwi Suparman. M.Sc. ( Rektor ke-4 UT Periode 2001 – 2009); Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. (Rektor ke-5 UT Periode 2009-2017), para wakil Rektor UT terdahulu, serta para pimpinan mitra terdekat UT.

Pada puncak Dies Natalis ke-39 UT juga dilakukan penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama antara UT dan Pemkot Tangerang, di mana Wali kota Tangerang, H Arief R. Wismansyah, M.Kes., B.Sc. hadir menandatangani MoU dengan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.

Maya Maria mengaku yang semakin membanggakan pada usianya ke 39, UT meperoleh penghargaan dari Rekor Muri. Penyerahan Rekor Muri disampaikan oleh Awang Raharjo sedangkan Jaya Suprana hadir melalui video ucapan selamatnya kepada UT.

Dijelaskan, kategori Muri Award yang akan diterima UT adalah Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara
Terbanyak (51 Negara), Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak (468.847 peserta ujian), dan Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak (2.026.843 ekslempar).

UT juga mengenalkan tampilan baru Website UT (http://www.ut.ac.id) yang lebih kekinian dan fresh look dengan tujuan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap keunggulan (selling point) UT.

Selain itu UT juga meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan eAsset dengan harapan masyarakat dan pegawai UT lebih mendapatkan layanan dan sistem informasi hukum dan aset-aset UT yang lebih up to date dan komprehensif.

Pada Dies Natalis ke- tahun 2023 ini, UT juga meluncurkan buku Biografi Rektor Prof. Ojat Darojat dengan Judul “Berbekal Doa Emak” dan beberapa buku lain yakni:

1. 39 Tahun Universitas Terbuka: Tatanan dan Budaya Kerja Baru, Mewujudkan Indonesia Maju (Tim Penulis dari UT Pusat )
2. Quality Assurance of Blended & Online Learning: Standards and Implementation (Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.)
3. Pendidikan IPS: Konstruktivistik dan Transformatif (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi)
4. Hermeneutika dan Semiotika dalam Puisi (Dr. M. Arifin Zaidin, M.Pd., Patmawati Halim, M.Pd., UT Makassar)
5. Universitas Terbuka, 39 th Bertransformasi (Try Harijono)
6. Berbekal Doa Emak, Anak Desa Meraih Mimpi (Tri Harijono)

Terkait dengan peluncuran buku autobiografi tersebut, Prof. Ojat Darojat menghadirkan kedua orang tuanya untuk berterima kasih khususnya kepada ibunda, yang selama ini  terus berdoa juga menanamkan karakter daya juang dalam menggapai pendidikan setinggi mungkin.

Untuk mengapresiasi mitra yang telah mendukung kesuksesan UT hingga di usia ini, UT memberikan penghargaan berupa:

1. Citra Paramesti kepada Irjen Pol, Midi Siswoko, S.I.K, (Kapolda Maluku Utara) sebagai Mitra Individu Terbaik dari UT Ternate.
2. Citra Saghatana kepada PT. Arutmin Indonesia Tambang sebagai mitra lembaga/institusi Terbaik dari UT Banjarmasin.
3. Citra Pararta kepada Media Tribun sebagai Media Massa Terbaik.

Melengkapi acara Puncak Dies ke-39 UT tahun 2023 ini juga dilengkapi agenda pengumuman pemenang Lomba Disporseni Nasional UT Tahun 2023 dan penyerahan trofi Juara Umum.

Selain itu ada juga seremoni pemadaman obor dan penyerahan kepanitiaan Dies dan Disporseni kepada panitia Dies dan Disporseni UT Tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya