SOLOPOS.COM - Perayaan Galungan di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (1/2) (HARIAN JOGJA/TRI WAHYU UTAMI)

Perayaan Galungan di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (1/2) (HARIAN JOGJA/TRI WAHYU UTAMI)

Suasana hening menyelimuti prosesi persembahyangan Hari Raya Galungan di Pura Jonggol Shanti Loka, Dusun Jlono, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (1/2) pagi.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Sebelum persembahyangan dimulai, umat melantunkan kidung Dewa Yadnya mengiringi persembahan sesajen atau banten.  Persembahyangan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dipimpin oleh empat pemangku. Ratusan umat Hindu mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua mengikuti serangkaian persembahyangan hingga pemercikan tirta dengan khusyuk.

Galungan adalah salah satu hari raya umat Hindu yang datang 210 hari sekali, jatuh pada hari Rabu Kliwon, Wuku Dungulan. Hari Raya Galungan merupakan perayaan kebenaran atas ketidakbenaran atau sering disebut kemenangan dharma melawan adharma.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Ngargoyoso, Suwarno menguraikan, dharma (kebaikan) itu ada tiga yakni tattwa (keyakinan), susila (tingkah laku yang baik) dan upacara. Galungan adalah perwujudan dari ketiga hal tersebut. “Semua lapisan di Kecamatan Ngargoyoso memang selalu merayakan Galungan dalam satu tempat, ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi umat Hindu dan mempertebal keyakinan pada Tuhan,” ujarnya.

Widadi Nur Widyoko, tokoh umat Hindu dalam dharma wacananya mengatakan, Galungan inilah puncak kemenangan umat Hindu melawan kebatilan. “Dharma atau kebaikan harus diutamakan, sebab yang namanya pahala tidak akan ke mana. Ada hukum alam yang tidak bisa kita pungkiri. Apabila berbuat baik, pahalanya otomatis baik, dan sebaliknya,” kata lelaki yang menjabat sebagai Lurah Desa Kemuning ini.

Widyoko menegaskan, Indonesia bahkan bumi saat ini sedang mengalami situasi kacau. Jika manusia selalu mengutamakan perilaku tidak benar maka kehancuran tidak akan lama lagi. “Manusia harus merubah perilakunya, selalu mendekatkan diri dengan Tuhan,” pesannya. (WARTAWAN HARIAN JOGJA/Tri Wahyu Utami)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya